Bupati Tangerang Raih Penghargaan Atas Keberhasilan Pengembangan Kawasan Pesisir

Selasa, 08 November 2022 - 21:23 WIB
loading...
Bupati Tangerang Raih Penghargaan Atas Keberhasilan Pengembangan Kawasan Pesisir
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Foto: Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meraih penghargaan Special Award: The Most Integrated Green Fishery Village, Ecosystem Development in Regency dari salah satu perusahaan di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Penghargaan spesial ini ditujukan atas konsistensi Zaki dalam meningkatkan perekonomian dan infrastruktur di kawasan pesisir Kabupaten Tangerang, salah satunya Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.

Dia mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Berkat tangan dingin Bang Zaki, panggilan akrabnya, kini kawasan pesisir telah berkembang menjadi wilayah ekonomi baru dan ramah ekosistem laut. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).
Baca juga: Pemkab Tangerang Borong Penghargaan Top BUMD Awards 2022

Program ini berfokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan juga penataan permukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur. Bahkan, desa nelayan juga menjadi percontohan nasional dan internasional untuk pembangunan daerah pesisir.

Hal tersebut dikukuhkan ketika Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah agenda internasional Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 yang dilaksanakan pada 25-29 Oktober lalu. Seluruh delegasi dari 10 negara mengakui keberhasilan pembangunan di Desa Ketapang.

"Alhamdulillah salah satu Desa Ketapang ini menjadi lokus untuk kunjungan dan juga diskusi dari Kemitraan Kota-Kota Pesisir Pantai di Asia Timur. Ada 8 wali kota dari 10 negara di Asia Timur yang hadir berkunjung langsung melihat perkembangan di Kabupaten Tangerang," kata Zaki.

Faktor utama keberhasilan pembangunan ini adalah penanaman hutan mangrove yang membuat kualitas air semakin baik dan produktif untuk tambak ikan dan udang. Bahkan, selama 30 tahun terakhir abrasi yang terjadi di pesisir Kabupaten Tangerang bisa diminimalisir dengan penanaman hutan mangrove sekaligus berhasil mengendalikan banjir rob.

"2022 ini kami berinisiatif untuk terus memperkenalkan Kabupaten Tangerang dengan berbagai macam potensinya, termasuk salah satunya potensi daerah wisata yang memang di beberapa area kita sedang menggalakkan penanaman dan rehabilitasi mangrove yang sudah kita lakukan dari 2014," ungkapnya.

Pembangunan infrastruktur seperti Pasar Pelelangan Ikan dan Pelabuhan Ketapang, serta dibangunnya Wisata Ketapang Urban Aquaculture menciptakan ekonomi baru. Pemkab Tangerang turut memfasilitasi masyarakat pelatihan dan pembinaan untuk menjadi pelaku UMKM yang membangkitkan ekonomi baru di daerah pesisir.

Tidak hanya Desa Ketapang yang dilakukan pembenahan, setidaknya ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan desa pesisir di Kabupaten Tangerang, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)