Tumpahan Minyak di Perairan Kepulauan Seribu Ancam Kelestarian Lingkungan

Jum'at, 04 November 2022 - 18:37 WIB
loading...
Tumpahan Minyak di Perairan Kepulauan Seribu Ancam Kelestarian Lingkungan
Tumpahan minyak mentah alias PEK yang berwarna hitam pekat mencemari hingga mengotori sepanjang pantai di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Tumpahan minyak mentah alias PEK yang berwarna hitam pekat mencemari hingga mengotori sepanjang pantai di perairan dangkal Pulau Kelapa dan jalan penghubung Pulau Kelapa.

Lurah Pulau Kelapa Muslim mengatakan, bahwa tumpahan minyak ini tidak hanya mencemari pantai dan jalan penghubung, termasuk juga menempel di pepohonan mangrove.

”Oil spill bahkan menempel di pepohonan mangrove sehingga mengurangi keindahan pantai,” kata Muslim, Jumat (4/11/2022). Baca juga: Memukau dan Penuh Warna, RSUD Kepulauan Seribu Dipercantik

Dengan adanya pencemaran tumpahan minyak ini, Muslim mengatakan bahwa dapat mengancam kelestarian alam dan kelangsungan hidup biota laut di sekitar perairan Pulau Kelapa. Bahkan mengancam aktivitas budidaya ikan para nelayan.



Muslim meminta kepada perusahaan minyak atau siapapun yang bertanggungjawab untuk lebih teliti dan memonitor operasional mereka. Terutama jika ada alat-alat yang rusak hingga menimbulkan kebocoran.

”Bila ada alat yang telah tidak layak pakai atau mengalami kebocoran, segera dimonitor, sehingga pencemaran yang terjadi segera ditanggulangi,” pungkasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2781 seconds (11.97#12.26)