6 Istana Kepresidenan Indonesia, Nomor 5 Pernah Disinggahi Ratu Elizabeth II

Kamis, 03 November 2022 - 14:05 WIB
loading...
6 Istana Kepresidenan Indonesia, Nomor 5 Pernah Disinggahi Ratu Elizabeth II
Indonesia memiliki enam Istana Kepresidenan yang berada di beberapa wilayah.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Istana Kepresidenan adalah sebagai tempat tinggal atau tempat melaksanakan kegiatan kenegaraan. Indonesia memiliki enam Istana Kepresidenan yang berada di beberapa wilayah.

Ada beberapa fakta unik dari keenam Istana Kepresidenan tersebut. Mulai dari bangunan yang angker hingga menjadi tempat menjamu tamu penting luar negeri.

Berikut enam Istana Kepresidenan di Indonesia dengan beragam keunikannya.

1. Istana Merdeka

Tidak semua Presiden Indonesia berani tinggal di Istana Merdeka. Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan oleh Belanda pada 28 Desember 1949. Sejak itu Presiden Soekarno dan keluarga menjadi pemimpin yang pertama kali tinggal di Istana Merdeka.

Selain Soekarno hanya ada beberapa pemimpin yang pernah tinggal di Istana Merdeka yakni Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden Joko Widodo.

Setelah Soekarno tidak tinggal lagi di Istana Merdeka, sejak saat itu kamar yang ditempatinya tidak pernah tersentuh lagi. Kamar tersebut hanya menjadi tempat untuk menyimpan bendera Merah Putih.

Biasanya interior kamar Presiden bisa diganti sesuai keinginan pemimpin yang tinggal. Namun kamar tidur Soekarno yang diganti hanya bantal dan kasurnya saja.

2. Istana Negara

Presiden kedua, Soeharto tidak pernah sekalipun tinggal di Istana Merdeka selama 32 tahun masa kepemimpinannya. Soeharto hanya menggunakan Istana Negara untuk acara resmi kenegaraan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1965 seconds (11.210#12.26)