11 Kecamatan di Jaksel dan Jaktim Berpotensi Alami Bencana Tanah Bergerak

Kamis, 03 November 2022 - 08:11 WIB
loading...
11 Kecamatan di Jaksel dan Jaktim Berpotensi Alami Bencana Tanah Bergerak
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak di 11 wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak di 11 wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Adapun potensi bencana tanah bergerak berada dalam zona menengah-tinggi.

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG. Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah-Tinggi," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Kamis (3/11/2022).

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami tanah bergerak di antaranya Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Cipayung, Kramat Jati, dan Pasar Rebo.

"Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali," jelasnya.
11 Kecamatan di Jaksel dan Jaktim Berpotensi Alami Bencana Tanah Bergerak

Foto: IG @bpbddkijakarta

BPBD meminta Lurah, Camat dan Masyarakat tetap mengantisipasi potensi tersebut. "Untuk itu, kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)