Dikerjakan Selama 4 Bulan, Perbaikan Jalan KH TB M Falak Bogor Selesai Februari 2023

Selasa, 01 November 2022 - 14:10 WIB
loading...
Dikerjakan Selama 4 Bulan, Perbaikan Jalan KH TB M Falak Bogor Selesai Februari 2023
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meninjau Jalan KH TB M Falak yang rusak akibat digerus longsor. Foto: MPI/Putra Ramadhani
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mempercepat perbaikan Jalan KH TB M Falak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor akibat tergerus longsor . Prediksi perbaikan jalan itu akan bisa dilalui pada Februari 2023.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pihaknya banyak menerima keluhan terkait penutupan Jalan KH TB M Falak. Karena, pengendara yang biasa melintas harus memutar arah lebih jauh.

"Jadi kami sangat memahami bahwa warga membutuhkan pengerjaan yang cepat karena warga dirugikan dari segi waktu yang biasanya mengakses jalan ini harus berputar-putar. Banyak sekali keluhan yang kami tangkap dari berbagai macam kanal bahwa warga sangat menderita. Kami sangat memahami itu maka saya minta dipercepat semuanya," kata Bima kepada wartawan di lokasi, Selasa (1/11/2022).

Bima menambahkan, pihaknya akan melakukan pergeseran anggaran untuk dialokasikan melalui Biaya Tidak Terduga (BTT) untuk perbaikan jalan. Terhitung, perbaikan jalan yang tergerus longsor tersebut akan memakan dana sekitar Rp4,6 miliar.

"Saya ingin menyampaikan bahwa pertama kita lakukan pergeseran anggaran untuk dialokasikan melalui BTT untuk dikerjakan segera minggu depan sudah mulai dikerjakan. Kami sudah menghitung cepat membutuhkan sekitar Rp4,6 miliar untuk membangun kembali ini," jelasnya.

Dalam pengerjaannya, akan dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama sekitar Rp2,4 miliar yang akan dikerjakan mulai pekan depan hingga akhir Desember 2022 dan tahap kedua dilanjutkan awal 2023.

"Kami harus pastikan bahwa semua sesuai dengan aturan jadi tidak boleh melewati tahun sebetulnya, karena itu pengerjaan akan dibagi dua tahap. Tahap pertama sekitar Rp2,4 akan dikejakan selama dua bulan mulai minggu depan sampai ahkhir Desember. Tahap berikutnya tahap finising 50 persen lagi sisa anggarannya mulai dari Januari dan Februari. Jadi total empat bulan pengerjaan ini bisa selesai. Mudah-mudahan dalam empat bulan bisa selesai jembatan ini kami percepat sesuai aturan semua,"tutur Bima.

Kadis PUPR Kota Bogor Chusnul Rozaqi mengatakan perbaikan jalan yang bersebelahan dengan jembatan ini akan dilakukan dengan dua alternatif. Pertama menggunakan sheet pile dan kedua menggunakan coran.



"Pada saat pelaksanannya site mix cukup lama karena prosesnya mulai dari pondasi sampai kepada pengecoran itu bertahap. Kita juga memakai alternatif kedua menggunakan sheet pile ini juga memerlukan waktu memerlukan sepanjang sekitar 12 meter, kebetulan stok yang ada delapan meter kita perlu waktu dari setelah kita order," ucap Chusnul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)