Diduga Penyebab Longsor Gang Barjo Bogor, Rumah Indekos di Atas Tebing Dibongkar

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:25 WIB
loading...
Diduga Penyebab Longsor Gang Barjo Bogor, Rumah Indekos di Atas Tebing Dibongkar
Bangunan indekos tanpa izin yang berada di atas tebing lokasi longsor Gang Barjo, Kota Bogor dibongkar, Selasa (25/10/2022). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Bangunan indekos tanpa izin yang berada di atas tebing lokasi longsor Gang Barjo, Kota Bogor dibongkar, Selasa (25/10/2022). Rumah indekos tersebut diduga penyebab longsor yang menewaskan 4 orang.

"Pemkot Bogor membongkar lahan yang diduga penyebab longsor. Bangunan ini tidak memiliki izin, tidak ada IMB-nya. Kami sudah berkomunikasi dengan pemiliknya, kami beri peringatan dan pemilik bersedia untuk dibongkar," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di lokasi, Selasa (25/10/2022).

Setelah dibongkar, pihaknya akan menata tebingan yang longsor tersebut. Sehingga, saluran air dari Kali Cidapit disalurkan langsung ke Sungai Cisadane agar tidak mengikis tanah.
Baca juga: Longsor Gang Barjo Bogor Tewaskan 4 Orang, Bima Arya: Solusinya Relokasi Warga

"Ini disalurkan menuju Cisadane. Jadi nyambung supaya tidak menggerus dan keropos di bawah. Kami akan terus mengawasi wilayah ini supaya tidak ada pembangunan lagi," katanya.

Untuk warga yang berada di bawah atau sekitar tebingan akan direlokasi ke hunian sementara beberapa bulan ke depan. Sedangkan, tiga rumah yang hancur tidak akan dibangun dulu dan akan dikomunikasikan untuk dipindahkan.

"Kami juga sedang berkoordinasi dengan ahli geologi untuk memetakan perencanaannya seperti apa di sini, apakah memungkinkan untuk dibangun rumah baru lagi atau tidak," ujar Bima.

Seperti diberitakan, tebingan setinggi 20 meter di Gang Barjo, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor longsor pada Rabu 12 Oktober 2022. Akibatnya, 8 orang tertimbun.

Dari jumlah tersebut, 4 orang ditemukan selamat. Sedangkan, 4 orang lainnya meninggal dunia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)