Anies: Wujudkan Pengalaman Baru Nikmati Taman Semanggi

Rabu, 12 Oktober 2022 - 13:42 WIB
loading...
Anies: Wujudkan Pengalaman Baru Nikmati Taman Semanggi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan soft launching jalur sepeda baru dan pedestrian di kawasan Taman Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022). Foto/Pemprov DKI/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan soft launching jalur sepeda baru dan pedestrian di kawasan Taman Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022). Kawasan Semanggi akan bisa menghadirkan pengalaman, karena tidak hanya bisa dilewati, tapi juga dinikmati pejalan kaki.

Bahkan, pengguna sepeda bisa beraktivitas di sekitar Jalan Jenderal Sudirman sembari menyambung perjalanan ke kawasan lain di Jakarta. Anies mengatakan, hal ini menjadi sebuah pesan kepada warga Jakarta, ketika membangun fasilitas mobilitas itu harus lengkap dengan fasilitas pejalan kaki, pesepeda, kendaraan umum, dan kendaraan pribadi.

"Alhamdulillah, kawasan ini sudah menjadi lengkap. Selain itu, tempat ini hijau, nyaman, dan unik, karena di pusatnya Jakarta. Lalu, di sini adalah tempat di mana banyak gedung pencakar langit. Tidak ada jalan lain di Indonesia yang selebar dan memiliki gedung pencakar langit sebanyak Jalan Jenderal Sudirman," kata Anies.

Anies menginginkan perjalanan menjadi pengalaman, sehingga memberikan kesan, dan merangsang interaksi antarwarga secara langsung di tempat ini.

"Kenapa kita mau swafoto di sini? Karena, kita merasa ingin berbagi apa yang kita lihat kepada orang lain. Karena itu, kita foto, kita share. Kita ingin orang lain merasakan apa yang kita rasakan. Kenapa kita melakukan itu? Karena, ada pengalaman baru," ujarnya.

Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta sejauh ini telah menuntaskan pembangunan jalur trotoar di Jalan Jenderal Sudirman serta jalur sepeda. Adapun rinciannya adalah lebih dari 240 kilometer jalur trotoar, serta lebih dari 100 kilometer jalur sepeda di seluruh Jakarta.

Anies melanjutkan, Kawasan Semanggi ini menjadi unik, karena ada sebuah taman yang hijau, rindang, dan teduh. Di sisi lain, selama berdekade-dekade konsepnya adalah hanya untuk dilewati kendaraan bermotor.

"Berdekade-dekade bagi pejalan kaki dari sudut ke sudut lain itu tidak bisa lalu-lalang dengan leluasa, begitu juga dengan pengemudi pengendara sepeda, ini yang kemudian kita bangun trotoarnya. Sehingga, Jalan Jendral Sudirman bukan saja untuk kendaraan bermotor," tutur Anies.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)