Status Bendung Katulampa Sempat Siaga 1, Bima Arya Minta Masyarakat Waspada Banjir

Minggu, 09 Oktober 2022 - 22:58 WIB
loading...
Status Bendung Katulampa Sempat Siaga 1, Bima Arya Minta Masyarakat Waspada Banjir
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memantau langsung ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa. Foto/putra ramdhani astyawan.
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memantau langsung ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa. Kondisi Bendung Katulampa yang sempat menyentuh Siaga 1 menjadi peringatan bagi 12 kelurahan di wilayah Kota Bogor dan lainnya.

"Curah hujan cukup lama dari sore tadi, kita pantau dan tadi saya mendapatkan laporan sudah Siaga 1. Nah kalau sudah Siaga 1 ini berarti serius, karena dampaknya biasanya ada di 12 kelurahan di lintasan Sungai Ciliwung menuju Jakarta dan termasuk daerah menuju Jakarta," kata Bima, Minggu (9/10/2022).

Bima menambahkan, status terkini di Bendung Katulampa sudah mengalami penurunan. Tetapi, pihak tetap bersiaga untuk mengantisipasi bencana.

Baca juga: Tak Khawatir Banjir Kiriman, Warga Cipinang Melayu Kini Hanya Cemas Hujan Ekstrem

"Tadi sudah turun, alhamdulillah tadi dari Siaga 1 hampir satu jam, sekarang sudah siaga 3 kembali. Tetapi bagaimana kalau Siaga 1-nya sampai satu jam, apalagi kalau curah hujannya lumayan merata maka ada dampak di Jakarta dan Kota Bogor kita siap siagakan untuk mengantisipasi banjir ini," ungkapnya.

Baca juga: Update Bendung Katulampa: Naik Jadi Siaga 1, Waspada Jakarta Banjir

Sejauh ini, beberapa titik di Kota Bogor mengalami longsor akibat curah hujan tinggi. Dalam insiden itu, dua orang mengalami luka-luka.

"Kota Bogor sendiri dilaporkan ada beberapa lokasi longsor salah satunya di Sukasari. Ada 33 KK terdampak, 2 orang sempat dievakuasi ke RS karena luka-luka, saya sebentar lagi mau ke sana," tutupnya.

Sebelumnya, ketinggian air Sungau Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor sempat menyentuh 220 centimeter atau status Siaga 1 pukul 19.16 WIB. Kini, kondisinya berangsur turun mencapai 80 centimeter atau Siaga 4 pukul 22.00 WIB.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1980 seconds (11.252#12.26)