Uji Coba Rekayasa Lalin Cipete Raya dan Fatmawati, Dishub DKI: Lebih Lancar saat Jam Sibuk

Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:20 WIB
loading...
Uji Coba Rekayasa Lalin Cipete Raya dan Fatmawati, Dishub DKI: Lebih Lancar saat Jam Sibuk
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.
A A A
JAKARTA - Uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Cipete Raya dan Fatmawati, Jakara Selatan , diakui membuat arus lalin lebih lancar saat jam sibuk pagi dan sore. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Ka dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Untuk saat ini memang pada saat peak (time), apakah itu pagi atau sore untuk satu kawasan ada anak sekolahnya itu dengan pengaturan sekarang (rekayasa lalin) lebih smooth traffic-nya," kata Syafrin kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Senin 3 Oktober 2022.

Syafrin menambahkan, memang sempat terjadi kepadatan saat baru dimulai uji coba. Namun, ia memastikan akan melakukan evaluasi berkala setiap minggu.

"Memang di hari Jumat pertama, kami pantau di Jalan Fatmawati Raya itu terjadi sedikit kepadatan. Tapi jika kita lihat kepadatan itu lebih kepada pengemudi yang menanyakan kondisinya sehingga mereka memperlambat, bertanya kepada petugas," tuturnya.

Lebih lanjut, Syafrin mengimbau masyarakat mematuhi rambu yang ada dan mengikuti arahan petugas di lapangan selama dua pekan.

"Memang ada masyarakat yang terdampak itu kami imbau untuk mengikuti, karena tujuannya itu untuk tidak terhambat di tengah kepadatan lalu lintas," tuturnya.



Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas sekitar Jalan Cipete Raya dan Fatmawati, Jakarta Selatan selama dua pekan dimulai Jumat 30 September 2022.

Hal itu menindaklanjuti inspeksi mendadak (Sidak) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencari tahu biang kerok kemacetan simpang Fatmawati pada Kamis 22 September 2022 malam.

"Adanya kemacetan lalu lintas pada jam tertentu khususnya jam sibuk pagi dan sore hari yang mengakibatkan antrean dan tundaan lalu lintas yang signifikan di ruas Jalan Fatmawati-Cipete Raya," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dalam keterangannya dikutip, Jumat 30 September 2022.

Dalam rangka mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas di Kawasan Cipete dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas sebagai berikut:

Simpang Jalan Cipete Raya-Fatmawati

- Lalu lintas dari arah timur (Jalan Cipete Raya menuju utara (Jalan Fatmawati) dialihkan belok kiri ke Jalan Fatmawati putar balik di depan Pizza Hut.

- Lalu lintas dari arah selatan (Jalan TB Simatupang) menuju timur (Jalan Cipete Raya) diarahkan menerus ke Jalan Fatmawati putar balik di depan SPBU atau di depan Al-Barkat karpet.

"Uji coba dilaksanakan dua minggu mulai 30 September sampai 13 Oktober 2022," ujar Syafrin.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)