Profil Irjen Sri Handayani, Polwan Satu-satunya yang Tergabung Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 06:05 WIB
loading...
Profil Irjen Sri Handayani, Polwan Satu-satunya yang Tergabung Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan
Sri Handayani saat masih berpangkat Brigjen Pol. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Irjen Pol (Purn) Sri Handayani dipercaya sebagai polwan satu-satunya yang tergabung dalam Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan . Mantan Wakapolda Kalimantan Barat itu bersama 9 anggota lainnya akan menggali apakah ada tindak pidana atau tidak pada kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Adapun Ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Wakil TGIPF Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudidin Amali, dan Sekretaris TGIPF mantan Jampidum/mantan Deputi III Kemenko Polhukam Nur Rochmad.
Baca juga: Jenderal Lulusan Terbaik Akmil 1977 Masuk TGIPF Tragedi Kanjuruhan

“Tim ini bekerja selama 2 minggu dan paling lama satu bulan. Tim ini akan menggali dan menyampaikan ke presiden. Kalau ada pelanggaran hukum akan disampaikan ke penegak hukum," ujar Mahfud dalam konferensi pers daring, Senin (3/10/2022).

Kembali ke sosok Irjen Sri Handayani yang merupakan anggota TGIPF. Dia adalah polwan pertama yang pernah menjabat Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Kasetukpa) Lemdiklat Polri. Saat berpangkat Kombes Pol, Sri dipercaya menduduki jabatan Kepala Sekolah Polwan pada tahun 2010-2014.

Karier Sri mulai bersinar pada tahun 1986 sebagai Pama (Perwira Pertama) pada Subditbinjas Ditpers Polri. Kemudian, perjalanan Sri di Korps Bhayangkara kian moncer dengan menempati posisi penting seperti Wakapolda Kalimantan Barat, Wakapolres Metro Jakarta Selatan, dan Kapolres Sragen.

Sri yang saat itu berpangkat Brigjen Pol juga pernah maju sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun gagal. Di balik kegagalan itu justru dia mendapatkan kenaikan pangkat dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjadi Irjen Pol pada tahun 2020.
Baca juga: Mahfud MD Pimpin TGIPF Tragedi Stadion Kanjuruhan, Ini Daftar Anggotanya

Dengan pangkat Irjen Pol, Sri menduduki jabatan terakhir sebagai Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri.

Sekadar mengingatkan, sebelum menjadi polisi Sri merupakan atlet nasional lari gawang yang berprestasi. Dia pernah meraih medali perak dalam PON cabang olah raga lari gawang dan kerap mengikuti berbagai kompetisi olah raga nasional lainnya.

Sri juga pernah tercatat mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam kompetisi olah raga tingkat nasional. Perempuan kelahiran Solo, 14 April 1962 ini telah mengoleksi banyak piala atas prestasinya tersebut.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1848 seconds (10.55#12.26)