Penampakan Megahnya Pelabuhan Muara Angke yang Baru Diresmikan Anies Usai Direvitalisasi

Senin, 03 Oktober 2022 - 21:02 WIB
loading...
Penampakan Megahnya Pelabuhan Muara Angke yang Baru Diresmikan Anies Usai Direvitalisasi
Penampakan Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/10/2022) setelah rampung direvitalisasi. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/10/2022) setelah rampung direvitalisasi. Tampilan Pelabuhan Muara Angke yang baru seperti bandara internasional.

Untuk masuk ke area pelabuhan, penumpang diwajibkan memiliki e-ticketing system yang telah dipesan terlebih dulu melalui sistem online.
Baca juga: Resmikan Pelabuhan Muara Angke Usai Direvitalisasi, Anies: Terasa Sekali Bedanya

Setelah melalui sistem ini, penumpang akan melalui tangga maupun eskalator menuju tempat tunggu. Di sini terdapat bangku yang nyaman dan disuguhkan pemandangan laut.

Ada beberapa bangku prioritas yang disediakan untuk penyandang disabilitas, kaum lanjut usia, hingga ibu hamil. Ada pula ruang santai yang tampak nyaman dengan kursi kayu dan kanopinya di teras terminal penumpang.

Untuk menuju lokasi ini, penumpang bisa melalui angkutan umum seperti bus Transjakarta maupun Jak Lingko jurusan Jakarta Kota atau Kota Tua. Untuk kendaraan pribadi disediakan lokasi parkir yang luas.
Penampakan Megahnya Pelabuhan Muara Angke yang Baru Diresmikan Anies Usai Direvitalisasi


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lupito mengatakan, Pelabuhan Muara Angke memiliki luas 4.000 meter persegi dengan seluruh fasilitas pendukung yang telah disiapkan.

"Termasuk perbaikan dermaga akibat banjir rob. Kini dermaga dinaikkan sekitar 1,5 meter. Untuk jangka waktu paling tidak 20 tahun ke depan pelabuhan ini akan aman dari ancaman rob," ujarnya, Senin (3/10/2022).

Untuk keseluruhan fasilitas Pelabuhan Muara Angke juga sudah memenuhi standar pelayanan umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan terkait penyelenggaraan pelabuhan.

"Kami berharap setelah ini dioperasikan secara resmi maka pelabuhan ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Tidak hanya dari sisi pelayanan orang tapi juga ke depan dari sisi pelayanan angkutan barang," ucapnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1797 seconds (11.97#12.26)