Bangun Saringan Sampah, Pemprov DKI: 52 Ton Sampah dalam Sehari Lintasi Kali Ciliwung

Senin, 26 September 2022 - 13:07 WIB
loading...
Bangun Saringan Sampah, Pemprov DKI: 52 Ton Sampah dalam Sehari Lintasi Kali Ciliwung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sebanyak 52 ton sampah per hari yang melintasi Kali Ciliwung. Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) membangun saringan sampah di bantaran Kali Ciliwung segmen TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hal itu sebagai upaya pengendalian sampah yang menjadi penyebab banjir di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sebanyak 52 ton sampah per hari yang melintasi Kali Ciliwung. Diketahui Kali Ciliwung juga melintasi sejumlah kawasan mulai dari Hulu di kawasan Bogor, Depok, dan Hilir di laut Jakarta.

”Timbunan sampah yang lewat di segmen sungai Ciliwung ini adalah sebesar 52 ton per hari. Kira-kira ini setara dengan 1 bus Transjakarta jenis tronton per hari. Nah, bisa dibayangkan banyaknya sampah yang masuk,” kata Anies, Senin (26/9/2022).

”52 ton per hari kalau ini dibiarkan tiap bulan akan berada di pintu air Manggarai dengan jumlah yang fantastis. Karena itulah disiapkan pengolahannya di sini,” sambungnya. Baca juga: Anies Sidak Proyek Saringan Sampah Kali Ciliwung di Perbatasan Jagakarsa

Anies berharap dengan dibangunnya saringan sampah dapat mencegah sampah kayu, bambu hingga lemari yang terbawa banjir Ciliwung masuk ke dalam kota.



”Nah harapannya ini (saringan sampah) akan bisa mengendalikan sampah untuk tidak masuk ke dalam kota,” ucapnya. Baca juga: Jakarta Bangun Saringan Sampah Kali Ciliwung, Anies: Terobosan Pertama di Indonesia

Fungsi Pintu Air Manggarai masih sama. Namun, beban Pintu Air Manggarai akan berkurang dengan Saringan Sampah Kali Ciliwung segmen TB Simatupang. Pembangunan saringan sampah sebesar Rp195 miliar dan rampung Desember 2022.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1520 seconds (11.252#12.26)