Begini Cara Desa Kertarahayu Bekasi Manfaatkan Kotoran Sapi

Minggu, 25 September 2022 - 03:05 WIB
loading...
Begini Cara Desa Kertarahayu Bekasi Manfaatkan Kotoran Sapi
Podcast AKsi Nyata Perindo: Cara Desa Kertarahayu Bekasi manfaatkan kotoran sapi. Foto/MPI/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Praktisi Eco Planner Kertarahayu, Budiono menyatakan ada beberapa program lain di Wisata Kampoeng Kita selain program Ketahanan Pangan (Ketapang).

Budiono menyebutkan, salah satunya adalah bagaimana masyarakat memanfaatkan kotoran sapi agar berguna bagi kehidupan masyarakat.

Kotoran sapi tidak dibuang begitu saja. Di Desa Kertarahayu, Kabupaten Bekasi kotoran sapi dimanfaatkan dengan baik untuk makanan cacing yang akan menjadi pupuk.



”Masyarakat bisa mengirim kotoran sapi mereka ke kita, karena kita punya rumah cacing, jadi cacing itu makanannya kotoran hewan dari sapi mereka urai dikomposer (kotoran sapi) hasilnya jadi pupuk organik,” kata Budiono dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Sabtu (24/9/2022).

Tak hanya itu, pemanfaatan juga dilakukan terhadap cacing tersebut. Menurutnya, cacing yang sudah mengurai kotoran sapi menjadi pupuk organik bisa dimanfaatkan untuk pemberian pakan hewan. ”Cacingnya untuk budidaya ikan, jadi ekosistem simbiosis mutualisme,” ucapnya.

Dengan begitu, masyarakat di Kertarahayu dapat meminimalisir pengeluaran mereka karena mereka sudah dapat bibit sayuran dari program daun kering kemudian dapat pupuk dari program kotoran sapi tersebut.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)