Ada 5.248 Penerbit Buku, Anies: Jakarta Kota Literasi

Senin, 19 September 2022 - 11:02 WIB
loading...
Ada 5.248 Penerbit Buku, Anies: Jakarta Kota Literasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta merupakan kota literasi.Foto/Tangkapan Layar/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta merupakan kota literasi. Sebanyak 30 persen toko buku modern Indonesia berada di Jakarta.

"Jakarta Kota Literasi! Lebih dari 30% toko buku modern Indonesia berada di Jakarta, serta terdapat 5.248 penerbit di kota ini," ungkap Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Senin (19/9/2022).

Anies mengatakan, di Jakarta telah tersebar ribuan perpustakaan dan jumlah pengunjung telah mencapai jutaan per tahun.

"Di samping itu, jumlah pengunjung perpustakaan di 5.600 lokasi di Jakarta dalam satu tahun mencapai 4,5 juta," jelas Anies. Baca: Anies Ungkap Alasan Memilih Nama Martha Christina Tiahahu sebagai Taman Literasi

Sebagai informasi, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini adalah salah satu bagian utama dalam pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamaraja di Jakarta Selatan.

Di mana desain ruang kota menyatukan orang, kegiatan, bangunan dan ruang publik menjadi terintegrasi melalui konektivitas yang mudah. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu adalah salah satu taman terluas di Jakarta Selatan, dengan luas 20.960 m2.

Taman ini berdiri sejak tahun 1948 pada masa awal kemerdekaan yang dirancang oleh M. Soesilo. Pencanangan Pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021.

Pembangunan taman ini merupakan pelaksanaan Pergub DKI Jakarta No. 5 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Blok-M dan Sisingamangaraja.

Taman Literasi sebagai ruang ketiga di Jakarta, diharapkan dapat memberikan ruang serta energi yang menginspirasi anak muda Jakarta untuk membudayakan literasi dalam kesehariannya.

(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1915 seconds (11.210#12.26)