Anies Ungkap Alasan Memilih Nama Martha Christina Tiahahu sebagai Taman Literasi

Senin, 19 September 2022 - 07:36 WIB
loading...
Anies Ungkap Alasan Memilih Nama Martha Christina Tiahahu sebagai Taman Literasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saja telah meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022) sore. Anies alasan memilih nama Martha Christina Tiahahu yang merupakan salah satu pahlawan wanita asal Maluku sebagai nama taman di Jakarta tersebut.

"Jakarta adalah kota bagi semua. Dan karena itulah namanya Martha Christina Tiahahu. Dan ini adalah pahlawan yang usianya paling muda. Ketika meninggal usia 18 tahun di kapal. Ketika menuju pengasingan dan tidak mau diobati oleh dokter Belanda. Engggak mau dia, lebih baik meninggal. Kira-kira begitu. Anda baca beritanya. Itu menggambarkan bahwa anak muda itu memang pemberani nyalinya besar. Dan Martha adalah salah satu sosoknya," ungkap Anies.

Anies mengatakan, nama sejumlah fasilitas di Jakarta tidak harus semua berunsur Betawi. Ia memilih untuk merangkul semua dan berpegang pada prinsip kesetaraan.

"Jadi saya memang merangkul semuanya. Tidak hanya Betawi saja. Dan inilah Jakarta, semua difasilitasi, semua dirangkul, dan itu prinsip kesetaraan yang selama ini kita lakukan," katanya. Baca: Anies Resmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M

Sebagai informasi, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini adalah salah satu bagian utama dalam pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamaraja di Jakarta Selatan. Di mana desain ruang kota menyatukan orang, kegiatan, bangunan dan ruang publik menjadi terintegrasi melalui konektivitas yang mudah.

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu adalah salah satu taman terluas di Jakarta Selatan, dengan luas 20.960 m2. Taman ini berdiri sejak tahun 1948 pada masa awal kemerdekaan yang dirancang oleh M. Soesilo.

Pencanangan Pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021.

Pembangunan taman ini merupakan pelaksanaan Pergub DKI Jakarta No. 5 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Blok-M dan Sisingamangaraja. Taman Literasi sebagai ruang ketiga di Jakarta, diharapkan dapat memberikan ruang serta energi yang menginspirasi anak muda Jakarta untuk membudayakan literasi dalam kesehariannya.

(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1811 seconds (11.97#12.26)