Terungkap, Asal Usul Ciracas Jaktim dari Salah Satu Anak Kali Cipinang

Sabtu, 17 September 2022 - 06:05 WIB
loading...
Terungkap, Asal Usul Ciracas Jaktim dari Salah Satu Anak Kali Cipinang
Bagi warga masyarakat Jakarta Timur sudah tidak asing dengan nama Ciracas. Nama Ciracas diambil dari salah satu anak Kali Cipinang. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi warga masyarakat Jakarta Timur sudah tidak asing dengan nama Ciracas . Wilayah ini mempunyai lima kelurahan dan terdiri dari 554 Rukun Tangga atau RT. Sedangkan Rukun Warga atau RW wilayah Ciracas ada 49.

Ciracas, pada tahun 1991, menjadi sebuah kecamatan di Jakarta Timur. Ciracas merupakan pecahan dari Kecamatan Pasar Rebo. Terdapat lima kelurahan di Kecamatan Ciracas. Suku mayoritas yang menempati wilayah Ciracas adalah Suku Betawi.

Kecamatan Ciracas mempunyai beberapa perbatasan wilayah. Di sebelah utara, Ciracas berbatasan dengan Kecamatan Kramat Jati, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Cipayung, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cimanggis dan Kabupaten Bogor, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Pasar Rebo.



Melansir buku berjudul 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, nama Ciracas ini berasal dari nama sungai kecil yang terdapat pada daerah tersebut di masa lalu. Nama Ciracas diambil dari salah satu nama anak Kali Cipinang, yakni Kali Ciracas.

Di kehidupan masyarakat Ciracas, ada cerita rakyat yang terkenal. Cerita rakyat tersebut mengisahkan tentang Mak Kopi. Mak Kopi adalah seorang perempuan berdarah China. Ia menikah dengan pria Betawi keturunan Demak. Ketika hamil, ia suka sekali minum kopi. Bahkan, kopi menjadi minuman utamanya. Oleh karena itulah ia kemudian dijuluki sebagai Mak Kopi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)