Profil Widodo Budidarmo, Kapolri Non-Muslim Pertama dalam Sejarah Polri yang Pernah Belajar di US Coast Guard

Senin, 05 September 2022 - 15:22 WIB
loading...
Profil Widodo Budidarmo, Kapolri Non-Muslim Pertama dalam Sejarah Polri yang Pernah Belajar di US Coast Guard
Profil Widodo Budidarmo, Kapolri non-muslim pertama. Foto DOK Wikipedia
A A A
JAKARTA - Profil Widodo Budidarmo, Kapolri non-muslim pertama dalam sejarah Polri yang pernah belajar di US Coast Guard cukup menarik untuk dibahas.

Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo merupakan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ketujuh. Dia menjabat pada periode 1974 hingga 1978.

Baca juga : Istana Benarkan Kapolri Minta Segera Diganti

Dalam riwayatnya, Widodo Budidarmo lahir pada 1 September 1927. Dia pernah meniti ilmu di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) sebelum akhirnya melanjutkan ke Sekolah Teknik.

Ketika menjadi pelajar, Widodo pernah turut serta membela pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dalam hal ini, dia bergabung bersama Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Sebelumnya, dia juga pernah ikut pendidikan militer Heiho pada era pendudukan Jepang.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews sebelumnya, pasca perang Kemerdekaan, Widodo Budidarmo menuntaskan pendidikannya pada jenjang menengah atas atau SMA, tepatnya sekitar tahun 1950.

Setelahnya, dia memutuskan untuk masuk Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Uniknya, sebelum bergabung dengan PTIK Widodo pernah ikut ujian masuk sekolah penerbang AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) serta menjadi kadet penerbang angkatan I di Pangkalan Auri Andir (Sekarang Lanud Husein Sastranegara) Bandung.

Akan tetapi, dia lebih memilih jalur Kepolisian PTIK dan berhasil lulus pada tahun 1955. Setelah lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Widodo Budidarmo mengawali kariernya di Kepolisian sebagai Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polisi di Purwakarta.

Saat itu, dia turut serta dalam operasi militer penumpasan kelompok Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) di Jawa Barat.

Baca juga : Perpanjangan Masa Jabatan Kapolri Tergantung Presiden
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8667 seconds (0.1#10.140)