Pemakaian Listrik Overload Jadi Penyebab 40 Rumah di Cakung Terbakar

Kamis, 01 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Pemakaian Listrik Overload Jadi Penyebab 40 Rumah di Cakung Terbakar
Kebakaran yang menghanguskan 40 rumah di Jalan Swadaya PLN, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin 29 Agustus 2022 diduga disebabkan pemakaian listrik yang overload. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kebakaran yang menghanguskan 40 rumah di Jalan Swadaya PLN, RT 13 RW 02, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur , Senin 29 Agustus 2022 diduga lantaran adanyan pemakaian listrik yang overload.Demikian disampaikan petugas tim investigasi Dinas Gulkarmat DKI Darmanto.

"Yang menyebabkan peristiwa kebakaran itu mungkin kami bisa lihat instalasi kebakarannya yaitu listriknya. Kami menduga dari bukti yang ada, mengarah adanya overload jaringan listrik," jelas Darmanto kepada wartawan, Kamis (1/9/2022). Baca juga: Korban Kebakaran di Cakung, Puluhan Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Darmanto mengungkapkan, pihaknya menemukan sisa-sisa puing kebakaran yang dipenuhi dengan buliran kabel seperti titik air. Ia melihat indikasi buliran kabel listrik tersebut biasanya menjadi tanda adanya penggunaan listrik melebih kapasitas.

"Kelistrikan standar dan tidaknya harus berdasarkan berapa kapasitas atau berapa watt yang dipakai serta berapa ribu, itu yang baru kami bisa tentukan standar instalasinya," terang Darmanto.

"Tapi di sini ada satu dua bukti sisa kebakaran yang sedikit untuk memperjelaskan bahwa di situ ada pola api, barang yang mudah terbakar. Nah buktinya ada buliran kabel, seperti titik air. Itu indikasi adanya overload," lanjut Darmanto.



Seperti diketahui, kebakaran melanda di permukiman warga Jalan Swadaya PLN RT 13 RW 02, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Kebakaran yang menghanguskan 40 rumah tersebut terjadi lantaran korsleting listrik.

Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan kebakaran yang terjadi sekitar menjelang waktu Subuh tadi alami sejumlah kesulitan, salah satunya akses jalan menuju lokasi. Untuk itu 16 unit mobil pompa, lanjut Gatot, sempat tertahan di jalan masuk menuju TKP kebakaran.

Gatot juga mengungkapkan kebakaran yang terjadi sekira pukul 03.00 WIB, memgakibatkan total kerugian hingga ratusan juta rupiah. Total kerugian ini lantaran terdapat 40 rumah semi permanen dan permanen hangus terbakar tak bersisa. Baca juga: Kebakaran 10 Bangunan di Cakung Akibat Percikan Api dari Bengkel Las
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1153 seconds (10.101#12.26)