Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Ketua DPW Perindo DKI: Antisipasi Sedini Mungkin

Kamis, 25 Agustus 2022 - 00:46 WIB
loading...
Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Ketua DPW Perindo DKI: Antisipasi Sedini Mungkin
Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) DKI Jakarta, Effendi Syahputra turut prihatin atas ditemukannya kasus cacar monyet atau monkeypox di Ibu Kota. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) DKI Jakarta, Effendi Syahputra turut prihatin atas ditemukannya kasus cacar monyet atau monkeypox di Ibu Kota. Untuk itu, ia meminta warga Jakarta agar mulai mengantisipasinya dari masing-masing individu.

"Saya pikir yang perlu kita jaga mengantisipasi sedini mungkin," ujar Effendi kepada Tim MNC Media yang dikutip, Rabu (24/8/2022).

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar monyet adalah dengan membatasi kontak dengan suspek atau sudah terkonfimasi cacar hewan. Selanjutnya membatasi kontak dengan hewan yang berisiko menularkan.

Kemudian, bersihkan dan disinfeksi lingkungan yang bisa saja terkonfimasi secara teratur. Terakhir, periksakan diri jika mengalami gejala cacar monyet.

Effendi melanjutkan ia juga meminta pemerintah daerah sudah mempersiapkan langkah antisipasi terkait virus yang penyebarannya dari hewan tersebut.

"Pemerintah dalam hal ini harusnya sudah membuat plan apa terhadap pencegahan dan penanganan masalah virus ini," jelasnya.

Sebagai informasi, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan hingga saat ini belum ada penularan lokal cacar monyet atau monkeypox di Jakarta. Hingga saat ini, baru satu pasien terkonfirmasi cacar monyet dan sedang melakukan isolasi mandiri di indekos.

"Relatif kita belum menemukan kasus yang menularkan lokal di Jakarta," kata Dwi saat dihubungi wartawan, Rabu (24/8/2022).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)