Simak! 3 Perbedaan Pangkat AKP dan AKBP di Kepolisian

Senin, 22 Agustus 2022 - 15:52 WIB
loading...
Simak! 3 Perbedaan Pangkat AKP dan AKBP di Kepolisian
Terdapat 3 perbedaan pangkat AKP dan AKBP di kepolisian. Sebenarnya pangkat di Polri ada banyak, mulai dari Bharada hingga Jenderal Polisi. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 perbedaan pangkat AKP dan AKBP di kepolisian . Sebenarnya pangkat di Polri ada banyak, mulai dari Bharada hingga Jenderal Polisi.

Mengacu Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pangkat adalah tingkat kedudukan yang mencerminkan peran, fungsi dan kemampuan, serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam penugasan.
Baca juga: Penjelasan Singkat Pangkat Polisi, Dari Bharada hingga Jenderal

Berdasarkan tingkatan terendah hingga tertinggi, kepangkatan di Polri terdiri dari Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Di dalam kepangkatan tersebut di antaranya pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Nah, berikut perbedaan pangkat AKP dan AKBP di kepolisian yang berhasil dihimpun dari humas.polri.go.id dan sumber lainnya, Senin (22/8/2022):

1. Jenjang Pangkat
Baik AKP maupun AKBP keduanya merupakan golongan Perwira dalam tubuh Polri. Perbedaannya adalah AKP termasuk pangkat Perwira Pertama, sedangkan AKBP termasuk pangkat Perwira Menengah. Karena itu, di dalam struktur polisi AKBP berada lebih tinggi dibandingkan AKP.

2. Tanda Pangkat
Perbedaan juga terlihat pada atribut seragam Polri. Seperti yang banyak diketahui, dalam penampilan seorang anggota Polri memiliki standar penampilan di mana mereka harus menggunakan tanda kepangkatan, lencana, baret, dan lain-lain.

Perbedaan AKP dengan AKBP dapat terlihat secara jelas, salah satunya dari tanda kepangkatan yang mereka miliki. Seorang AKP memiliki tanda kepangkatan berbentuk 3 balok emas, sedangkan seorang AKBP memiliki tanda kepangkatan berbentuk 2 bunga melati.

Perbedaan ini mengacu pada perbedaan sebelumnya yaitu AKP merupakan salah satu pangkat di golongan Perwira Pertama dan AKBP merupakan salah satu pangkat di golongan Perwira Menengah.
Baca juga: Ini Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol

3. Pola Karier
Perbedaan selanjutnya dapat dilihat pada Peraturan Kapolri No 9 Tahun 2016 tentang Sistem Pembinaan Karier Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 6 Ayat 2. Pola karier seorang AKP berkutat pada profesi teknik kepolisian karena tergolong Perwira Pertama Polri. Sementara itu, pola karier seorang AKBP berkaitan dengan manajerial kepolisian karena tergolong Perwira Menengah Polri.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1367 seconds (10.55#12.26)