Ganti Panjat Pinang, Lomba Jalan di Atas Bambu Digelar di Sungai Kalimalang 27-28 Agustus 2022

Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:24 WIB
loading...
Ganti Panjat Pinang, Lomba Jalan di Atas Bambu Digelar di Sungai Kalimalang 27-28 Agustus 2022
Lomba panjat pinang yang menjadi tradisi warga Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, di atas aliran Sungai Kalimalang, kini diganti dengan lomba jalan di atas bambu. Foto: Dok Antara
A A A
JAKARTA - Dalam rangka merayakan HUT ke-77 RI, warga masih memperingatinya dengan rangkaian perlombaan dan acara. Lomba panjat pinang yang menjadi tradisi warga Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, di atas aliran Sungai Kalimalang, kini diganti dengan lomba jalan di atas bambu.

Lurah Cipinang Melayu Arroyantoro mengatakan, kegiatan lomba jalan di atas bambu melintasi aliran Sungai Kalimalang akan digelar pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Baca juga: Asal Usul Kalimalang, Saluran Air yang Melintang di Atas Kali Sunter

Lomba jalan di atas bambu ini dipilih warga agar lebih berkesan dibandingkan panjat pinang yang sudah tradisi sebelumnya. "Kalau panjat pinang katanya kecepatan, habis hadiahnya. Katanya biar agak lama, lomba jalan di atas bambu saja. Sudah diputuskan," ujar Arroy saat dikonfirmasi, Kamis (18/8/2022).



Selain lomba jalan di atas bambu, warga juga turut serta mengadakan festival, bazaar, dan lainnya. "Acaranya mirip-mirip panjat pinang sebelumnya. Jadi tanggal 27 dan 28 itu acaranya bazar, lomba makan krupuk, sama jalan di atas bambu di atas kali," ucap Arroy.

Baca juga: Tanpa Panjat Pinang, Warga Pinggiran Kalimalang Tetap Gelar Lomba

Ketua RW 004 Cipinang Melayu Irwan Kurniadi sebelumnya mengatakan, tradisi perlombaan di atas aliran sungai Kalimalang akan kembali digelar setelah sebelumnya vakum lantaran pandemi covid-19. "Iya (diadakan lagi), acaranya tanggal 27 Agustus, dan 28 Agustus puncak acaranya sekaligus ada bazar UMKM dan karnaval warga," jelas Irwan.

Menurut Irwan, kegiatan perlombaan ini disambut dengan antusias warganya, karena bisa merayakan kembali hari kemerdekaan setelah pandemi. "Warga senang dan didukung oleh seluruh RT," tutup Irwan.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3611 seconds (11.252#12.26)