UMKM Binaan PPUMI Raih Sertifikat Halal Self Declare BPJPH

Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:19 WIB
loading...
UMKM Binaan PPUMI Raih Sertifikat Halal Self Declare BPJPH
Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan UMKM (PPUMI) Munifah Syanwani menerima penyerahan simbolik sertifikat halal self declare perdana dari BPJPH. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan UMKM (PPUMI) Munifah Syanwani menerima penyerahan simbolik sertifikat halal self declare perdana dari BPJPH untuk disampaikan kepada UMKM binaan PPUMI.

Penyerahan sertifikat ini pada ajang Opening Ceremony The 1st International Conference on Women dan Sharia Community Empowerment di JCC, Kamis (11/8/2022).

Acara yang merupakan kerja sama PPUMI, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Kemenkop UMKM ini merupakan bagian dari program kerja PPUMI Sejuta Sertifikat Halal untuk UMKM.
Baca juga: Tips dari Konsultan Halal bagi UMKM untuk Mendapatkan Sertifikasi Halal

Sebelumnya, UMKM binaan sebanyak 1.500 UMKM telah mengikuti rangkaian pelatihan dan sosialisasi yang diselenggarakan PPUMI sejak Mei 2022.

"Selama ini UMKM Perempuan sebagai bagian dari perekonomian yang sangat giat dalam menentukan penciptaan kesempatan kerja dan juga giat dalam penciptaan pemerataan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani menuturkan pertumbuhan ekonomi nasional sebelum dan setelah terdampak pandemi Covid-19 justru ditopang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk di dalamnya adalah UMKM Perempuan.

"Jumlah pelaku usaha perempuan terbilang cukup besar, yaitu sekitar 64,45 persen dari total UMKM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan sangat berjasa dalam menopang ekonomi bangsa,” ujarnya.
Baca juga: Tingkatkan Kepercayaan Konsumen, UMKM Disarankan Kantongi Sertifikat Halal

Dalam acara tersebut juga dilakukan Pencanangan Gerakan Komunitas UMKM Perempuan Indonesia dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional serta Soft Launching PPUMI Finance dan PPUMI Mart oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Deputi Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Kementerian UMKM.

Pemberdayaan perempuan menjadi strategi penting dalam meningkatkan peran perempuan dalam meningkatkan potensi diri agar lebih mampu mandiri dan berkarya.

"Kehadiran PPUMI Finance dan PPUMI Mart adalah bagian dari upaya pendampingan yang dilakukan PPUMI kepada UMKM Perempuan binaan agar dapat berkembang dan maju secara optimal,” kata Munifah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)