Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta 7-13 Agustus

Senin, 08 Agustus 2022 - 09:56 WIB
loading...
Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta 7-13 Agustus
BPBD DKI meminta masyarakat di pesisir utara Jakarta untuk waspada banjir rob pada 7-13 Agustus 2022.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI meminta masyarakat di pesisir utara Jakarta untuk waspada banjir rob pada 7-13 Agustus 2022. Hal itu berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorolgi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (ROB) wilayah Jakarta Utara.

"Waspada banjir pesisir (banjir rob) durasi 7-13 Agustus 2022," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip MPI, Senin (8/8/2022).
"Berdasarkan siaran pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 07 Agustus s.d 13 Agustus 2022, saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum," tulis akun tersebut.

BPBD DKI menjelaskan wilayah pesisir DKI Jakarta yang akan terdampak di antaranya Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu.

BPBD DKI mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir. Kemudian, masyarakat diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG," tandasnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)