BPBD DKI: Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta hingga 17 Juli

Senin, 11 Juli 2022 - 11:26 WIB
loading...
BPBD DKI: Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta hingga 17 Juli
BPBD DKI meminta warga Jakarta mewaspadai banjir rob di pesisir utara hingga 17 Juli mendatang. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengatakan waspada banjir rob di pesisir utara Jakarta mulai 8-17 Juli 2022. Hal itu berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok.

”Berdasarkan Siaran Pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) 8-17 Juli 2022,” tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip SINDOnews, Senin (11/7/2022).

”Saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum,” tambahnya.

BPBD DKI menjelaskan wilayah pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu berpotensi banjir Rob. BPBD mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. Baca juga: Waspada, Pekan Depan Pantura Berpotensi Diterjang Banjir Rob

Kemudian, masyarakat diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman:bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

”Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG,” tandasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1371 seconds (10.177#12.26)