Tingkatkan Literasi Anak, MNC Peduli Dukung Rumah Baca Krukut Depok

Minggu, 07 Agustus 2022 - 11:10 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi Anak, MNC Peduli Dukung Rumah Baca Krukut Depok
Binaan MNC Peduli di Rumah Baca Krukut yang berlokasi di Krukut, Limo, Kota Depok. Foto/MPI/Erfan Maaruf
A A A
DEPOK - Seorang tenaga pengajar SD di Tangerang Selatan, Rahmi (38) mendedikasikan hidupnya untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak. Di luar profesinya sebagai guru, Rahmi menjalankan rumah baca mandiri meningkatkan minat literasi anak.

Kepedulian Rahmi terhadap literasi anak, berawal saat dia melihat banyaknya anak-anak balita hingga remaja di lingkungannya yang bermain setiap harinya tanpa adanya pengarahan secara khusus yang terkait dengan peningkatan pendidikan atau keterampilan.

Dari situ, muncullah ide untuk membuat ruang kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak tersebut. Pada tahun 2021, Rahmi bersama dengan beberapa rekannya sejawatnya membuat sebuah wadah yang dinamakan Rumah Baca Krukut yang berlokasi di Krukut, Limo, Depok.Dengan kondisi keterbatasan, rumah baca ini dibangun di lahan garasi rumah Rahmi.

“Dengan ruang bermodal buku bacaan anak-anak yang saya punya maka jadilah tempat untuk anak-anak disekitar lingkungan saya untuk belajar literasi yang mudah dimulai dari membaca buku, membaca estafet bahkan mendongeng,” kata Rahmi, Minggu (7/8/2022).

Rahmi mengatakan, sejauh ini anak-anak sangat antusias terhadap kegiatan di rumah baca. Sebab selain kegiatan literasi dengan membaca setiap minggunya juga diadakan aktivitas yang bermanfaat lainnya.



“Kami juga adakan kelas memasak, kerajinan tangan, olahraga bersama hingga percobaan sains. Alhamdulillah sekitar 25 anak ini mereka selalu menanti kegiatan Rumah Baca Krukut,” ujar Rahmi.

Sejalan dengan program #GenerasiCerdasAnakBangsa yaitu dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif, MNC Peduli mendukung Rumah Baca Krukut dengan menyalurkan bantuan berupa peralatan perpustakaan untuk mendukung operasional rumah baca tersebut. Bantuan diterima langsung oleh Rahmi dan pengurus rumah baca.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, bahwa pihaknya meyakini bahwa pendidikan formal anak juga harus diimbangi dengan mengembangkan soft skill anak maupun pendidikan karakter. “Tentunya, agara dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas tidak hanya pintar secara akademis namun juga cerdas dan kreatif,” jelasnya.

Diketahui, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di websitemncpeduli.org.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)