Profil Basaria Panjaitan, Polwan Pertama yang Pernah Menjadi Komisioner KPK

Minggu, 31 Juli 2022 - 06:15 WIB
loading...
Profil Basaria Panjaitan, Polwan Pertama yang Pernah Menjadi Komisioner KPK
Komisioner KPK periode 2015-2019, Basaria Panjaitan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak awal berdirinya, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) RI selalu dipimpin oleh pimpinan laki-laki. Hingga pada tahun 2015, Basaria Panjaitan terpilih menjadi komisioner perempuan pertama melalui pemilihan terbuka oleh anggota Komisi III DPR RI . Basaria menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2015-2019.

Lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 20 Desember 1957, Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan merupakan anak bungsu dari 8 bersaudara. Basaria melalui masa sekolah dasar hingga sekolah menengah akhir di kota Medan. Baca juga: Basaria Tegaskan Masih Lanjutkan Tugas di KPK Sampai Selesai

Memasuki masa kuliah, Basaria memilih untuk merantau guna melanjutkan studinya di Jakarta. Ia berkuliah di Universitas Jayabaya dengan mengambil jurusan akuntansi. Setelah itu, Basaria mengambil studi hukum pidana di Sekolah Tinggi IBLAM. Ketika lulus, ia mulai tertarik menjadi seorang polwan. Karena itulah ia menjalani seleksi sekolah calon perwira Polri dan mengikuti pendidikan di Sepamilsukwan Polri jurusan hukum. Pendidikannya tak berhenti sampai situ. Basaria melanjutkan pendidikan di jenjang magister Universitas Indonesia, mendalami hukum ekonomi.



Dengan pangkat Ipda, Basaria memulai kariernya sebagai polwan. Pada 1984, ia memegang jabatan Paur Subdisbuk Disku Mabes Polri. Basaria tercatat pula sebagai polisi wanita pertama yang memiliki pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) berbintang dua di Indonesia. Kini Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan telah pensiun dari kepolisian dengan jabatan terakhir Sahlisospol Kapolri Mabes Polri.

Berikut merupakan catatan karier Basaria Panjaitan: Baca juga: Basaria Panjaitan Pantau Langsung Praperadilan RJ Lino

1984 - Paur Subdisbuk Disku Mabes Polri

1990 - Panit Sat. Idik Baya Ditserse Mabes Polri

1997 - Kasat Narkoba Polda NTB

2000 - Kabag Narkoba Polda Jabar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1183 seconds (10.101#12.26)