Tinjau Proyek Bendungan di Bogor, Ridwan Kamil: Dalam Waktu Dekat Selesai

Selasa, 26 Juli 2022 - 08:38 WIB
loading...
Tinjau Proyek Bendungan di Bogor, Ridwan Kamil: Dalam Waktu Dekat Selesai
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi dua proyek nasional yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor. Foto: MNC Portal Indonesia/Putra Ramadhani
A A A
BOGOR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi dua proyek nasional yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor. Dalam waktu dekat, kedua bendungan tersebut akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya mengunjungi dua proyek nasional yang sedang berlangsung di tanah Jawa Barat untuk pengendalian banjir dan manajemen air satu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Insya Allah dalam waktu dekat tahun ini akan selesai Insya Allah akan diresmikan oleh pak Presiden sehingga saya bertugas untuk memastikan persiapan-persiapan layak dan tentu harus melaporkan kepada masyarakat," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Tinjau Proyek Bendungan di Bogor, Ridwan Kamil: Dalam Waktu Dekat Selesai


Dua proyek bendungan dengan nilai proyek hampir Rp1,6 triliun itu diharapkan dapat mengatasi volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung. Sehingga, potensi banjir khususnya di wilayah Jakarta bisa berkurang.

"Insya Allah kalau dua bendungan ini beres, ini akan mengurangi volume air yang biasa mengalir begitu aja ke Ciliwung dan kita tahu Ciliwung melintasi Jakarta sehingga dengan kehadiran dua proyek ini dengan nilai hampir Rp1,6 triliun ini bisa mengurangi volume air dalam saat musim hujan, sehingga potensi banjir di Jakarta tentunya bisa kita kurangi," ungkapnya.



Di sisi lain, bendungan ini juga diharapkan menjadi objek wisata baru di Kabupaten Bogor. Tak menutup kemungkinan, apabila kedua bendungan ini sudah beroperasi bisa menjadi daya tarik wisata.

"Karena daerahnya di Bogor tentu suasanya indah alamnya juga luar biasa saya menitipkan agar ada ekonomi pariwisata bagi dua bendungan tadi sehingga masyarakat pada saat airnya tidak ada dinamika bisa menikmati sebagai tempat wista lokal untuk menambahi keindahan dan keterkenalan Kabupaten Bogor. Tadi saya menghadiahkan sketsa sebuah objek yang akan membuat tempat ini instagramable kira-kira begitu sehingga bendungan tidak selalu identik dengan hal-hal yang sangat teknis tapi juga yang visual yg membuat orang bangga melihat tempat yang luar biasa ini," tuturnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Heri Mulyono mengatakan, progres pembangunan bendungan sudah mencapai 87 persen. Sejauh ini, ada kendala dalam pembangunan yakni terkait cuaca.

"Progresnya sudah 87 persen dan renaca ini akan segera kami selesaikan dalam waktu 1-2 bulan ke depan. Secara umun kendala di sini adalah cuaca karena curah hujan tinggi dan bangunan kita adalah timbunan tanah jadi kita harus ngontrol kadar air secara ketat itu kendala terutama itu," ucap Bambang.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)