Profil Kompol Sherly Anggraini, Polwan Pertama yang Menjadi Komandan Kapal Polisi di Korpolairud Baharkam Polri

Senin, 25 Juli 2022 - 16:16 WIB
loading...
Profil Kompol Sherly Anggraini, Polwan Pertama yang Menjadi Komandan Kapal Polisi di Korpolairud Baharkam Polri
Polwan atau Polisi Wanita kerap menjadi sorotan warganet di sosial media. Satu dari sekian banyak diantaranya adalah Kompol Sherly Anggraini. Foto DOK Korpolairud
A A A
JAKARTA - Polwan atau Polisi Wanita kerap menjadi sorotan warganet di sosial media. Tak hanya dari parasnya yang rupawan, namun juga karena pencapaian dan prestasi yang didapatkannya. Satu dari sekian banyak di antaranya adalah Kompol Sherly Anggraini.

Dalam salah satu pencapaiannya, Sherly adalah polwan pertama yang menjadi Komandan Kapal Polisi di Ditpolair Korpolairud. Menilik ke belakang, Kompol Sherly Anggraini dulunya merupakan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) tahun 2003. Setahun setelahnya, dia mendaftar ke Polri melalui jalur Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS).

Baca juga : Profil Bripda Maharani, Polwan Cantik Mantan Putri Pariwisata

Pada Desember 2004, Sherly Anggraini dilantik menjadi Perwira Pertama Polisi dengan pangkat Inspektur Dua (IPDA). Polwan berprestasi ini pernah bertugas di KP. Bisma - 8001 pada 2005 sebagai Perwira Administrasi.

Setahun berselang, dia dipromosikan sebagai Perwira Navigasi. Karirnya semakin cerah usai mendapat kepercayaan sebagai Komandan KP. Perkutut - 3005 dan menjadikannya sebagai Komandan Kapal Polisi Wanita Pertama.

Pada tahun 2008, Sherly mengikuti pelatihan Maritime Law Enforcement of Asian Countries di Jepang. Pelatihan berdurasi sekitar 3 minggu ini bertujuan untuk mempelajari berbagai hal mengenai penanganan kejahatan yang ada di dunia.

Pada 2009, dia berpindah tugas ke Staf Kerjasama Luar Negeri (Kermalugri). Tugasnya saat itu adalah melakukan kerja sama dengan Kepolisian di berbagai negara. Dalam masa tugasnya, Sherly pernah mengikuti beberapa agenda penting seperti menghadiri Head of Asians Coast Guard Agecies Meeting (HACGAM) serta mengikuti pelatihan di ILEA Bangkok berupa Latihan Woman In Law Enforcement tahun 2013.

Polwan berprestasi ini juga pernah mengikuti Pendidikan Sespimma angkatan ke-52 tahun 2014. Tak sampai disitu, setelahnya Sherly berhasil meraih beasiswa S2 di Universitas Pertahanan, Jurusan Keamanan Nasional, Prodi Keamanan Maritim.

Baca juga : Polwan Gunakan Jilbab, Begini Peraturan Pemakaiannya

Dikutip dari laman News Korpolairud, pada 19 November 2020, Kokorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Verdianto resmi menetapkan polwan Sherly Anggraini sebagai Komandan Kapal di Armada KP.SANJAYA-7017.

Dalam salah satu prestasinya, Kapal Polisi Sanjaya -7017 Ditpolair Korpolairud berhasil menangkap pengepul Baby Lobster pada April 2021. Kelompok tersebut diduga menjadi bagian dari sindikat ekspor ilegal Baby Lobster di Krui, pesisir barat Lampung.
Komandan Kapal Polisi Sanjaya -7017 Kompol Sherly Anggraini S.ST., M. Han menyampaikan bahwa kronologis penangkapan ini berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa mengenai rumah yang dicurigai melakukan pengumpulan Baby Lobster (Benur).

Dari penangkapan tersebut, terduga pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti Baby Lobster 35.000 ekor, dua tabung oksigen 10,5 kg, 1 buah low noise pump LP 100, 50 Toples baby lobster dan 1 selang kompresor ukuran kecil.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)