Panen Anggur di Cilincing, Anies: Contoh Kolaborasi Pemprov dengan Masyarakat

Jum'at, 22 Juli 2022 - 12:20 WIB
loading...
Panen Anggur di Cilincing, Anies: Contoh Kolaborasi Pemprov dengan Masyarakat
Gubernur DKI Anies Baswedan memanen anggur di Cilincing, Jakarta Utara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri ikut memanen anggur di lahan budidaya daerah SPBU Tenan, Jalan Cakung Cilincing Raya, Jakarta Utara. Anggur itu tumbuh subur di lahan seluas sekitar 800 meter persegi dan 70 variates anggur siap panen.

Anies menjelaskan bahwa kebun anggur tersebut merupakan wujud inisiatif luar biasa dari warga yang didukung kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan pihak Swasta.

“Apa yang kita saksikan di sini adalah contoh nyata kolaborasi. Ini inisiatif awalnya dari warga bernama Pak Sutarto yang biasa menjaga di tempat ini, memutuskan mengubah belukar menjadi kawasan bercocok tanam,” kata Anies, Jumat (22/7/2022).

“Pak Tarto, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi telah berhasil mengubah tempat yang awalnya dijauhi, sekarang malah didatangi. Dan mudah-mudahan jadi contoh, ketika seorang pribadi melihat potensi, dia bergerak dan mengembangkannya,” tambahnya. Baca juga: Budidayakan Anggur, Pemkot Jakarta Timur Targetkan Panen Raya Oktober 2022

Anies juga berharap dengan adanya kebun anggur di Cilincing ini dapat menjadi tempat pembelajaran bagi semua, tentang bagaimana mengembangkan dan menumbuhkan tanaman anggur di suhu tropis, tetapi dengan hasil yang tetap dapat dinikmati.

“Apa yang terjadi? perubahan luar biasa, tempat ini menjadi tempat belajar bagaimana anggur ditanam di Jakarta Utara. Ini tidak terbayang bagaimana Cilincing diasosiasikan sebagai daerah panas, gersang, dan anggur merupakan tumbuhan yang tumbuh di kondisi sejuk, teduh,” ujarnya.



”Ini adalah lahan percontohan. Kami mengundang kepada seluruh pegiat masyarakat di seluruh Jakarta, sempatkan mampir ke sini, belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat kita masing-masing, berbasis komunitas dan keluarga,” pesan Anies.

Selain itu, Anies juga berharap agar anggur yang kerap diasosiasikan sebagai buah dengan harga mahal dapat dinikmati oleh semua kalangan, karena sudah memiliki pengetahuan bagaimana membudidayakan buah yang kaya akan nutrisi tersebut.

“Kita ingin anggur menjadi tanaman yang bisa ditanam dan dikosumsi oleh siapa saja, karena selama ini anggur diasosiasikan sebagai buah dengan harga mahal. Sehingga, apabila semua menanam, maka semua bisa menikmati anggur,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)