Banjir di Perumahan Pinang Tangerang Disebabkan Tanggul Jebol

Sabtu, 16 Juli 2022 - 17:13 WIB
loading...
Banjir di Perumahan Pinang Tangerang Disebabkan Tanggul Jebol
Banjir melanda sebagian wilayah Kota Tangerang. Namun, penyebab banjir tidak hanya disebabkan tingginya intensitas hujan sejak Jumat (15/7/2022). Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Banjir melanda sebagian wilayah Kota Tangerang. Namun, penyebab banjir tidak hanya disebabkan tingginya intensitas hujan sejak Jumat (15/7/2022).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang menyebut banjir yang terjadi di wilayah Timur Kota Tangerang, khususnya di Perumahan Pinang, dikarenakan adanya tanggul Kali Angke yang jebol.



“Mendapatkan informasi adanya tanggul jebol, kami (PUPR) langsung menurunkan personel dan melakukan penutupan tanggul yang memiliki luas 25-30 meter menggunakan kisdam,” ujar Kepala PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono Sabtu (16/7/2022)

Untuk membantu penanganan banjir di wilayah tersebut, setidaknya sekitar 100 personel yang diterjunkan. Selain itu, melibatkan subkoordinator bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) dan UPT di wilayah yang dibagi menjadi beberapa tim dan tugas.


“Untuk UPT di wilayah kami mendapatkan bantuan dari UPT Timur dan Tengah. Sedangkan Barat berjaga-jaga di wilayahnya. Untuk 100 personel kami bagi menjadi, 20 personel atau dua tim difokuskan untuk penanganan dan pemasangan kisdam. Sedangkan sisanya, yakni 80 personel di Perumahan Pinang Griya,” jelas Ruta.

Ruta memastikan genangan hingga banjir yang terjadi di wilayah tersebut bukan karena luapan air sungai, tetapi karena tanggul yang jebol di Kali Angke.



Hingga saat ini Pemerintah Kota Tangerang telah mengirim empat truk yang berisi 100 - 150 karung kisdam ke lokasi tanggul yang jebol.

“Ini dipastikan karena pada saat jam 02.00 WIB dini hari, walau masih hujan tetapi air tidak meluap. Tetapi saat tanggul jebol, air mulai masuk ke permukiman,” ungkapnya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait perbaikan tanggul yang lebih permanen di Kali Angke.

“Kisdam ini sifatnya hanya sementara. Bidang Tata Air pun sudah berkoordinasi dengan BBWS agar tanggul ini dapat diperbaiki secara permanen,” pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)