Hujan Mereda, Banjir di Tangerang Berangsur Surut

Sabtu, 16 Juli 2022 - 15:51 WIB
loading...
Hujan Mereda, Banjir di Tangerang Berangsur Surut
Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak Jumat sore hingga Sabtu (16/7/2022) mulai mereda. Banjir di beberapa titik di kini berangsur surut. Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak Jumat sore hingga Sabtu (16/7/2022) mulai mereda. Banjir di beberapa titik di kini berangsur surut.

“Sejak semalam petugas sudah bergerak melakukan evakuasi dan penanganan di wilayah banjir. Kini sudah berangsur surut sekitar 30 sentimeter,” ungkap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Baca juga: 3 Aliran Sungai Meluap, 19 Titik Banjir di Tangerang Meluas

Sejak siang tadi akses jalan di kawasan Perumahan Ciledug Indah. yang sebelumnya terputus akibat banjir, sudah mulai bisa dilalui kendaraan. Akses jalan Gatot Subroto atau tepatnya di kolong flyover Jatiuwung, juga sudah bisa dilalui.



Diketahui, intensitas hujan yang tinggi pada Jumat sore hingga Sabtu pagi menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang terendam banjir. BPBD Kota Tangerang mencatat setidaknya ada 19 titik banjir dengan ketinggian bervariasi mulai dari 50 cm hingga 1,5 meter.

Baca juga: Hujan Seharian, Banjir Rendam Permukiman Warga Tangerang hingga 1,5 Meter

“Curah hujan dari kemarin sore cukup tinggi, sehingga dibeberapa titik debit air tinggi dan berdampak banjir,” kata Wali Kota.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi terdampak banjir, tinggi air sejak dini hari akibat luapan air sungai dan tanggul yang jebol, hingga siang hari sudah berangsur surut. Tim BPBD juga sudah bersiaga sejak semalam untuk menyedot air yang meluap ke jalan.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koeswara membeberkan, sejumlah titik terdampak akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Ada 19 titik terdampak di 4 kecamatan. Sejauh ini personel dan bantuan sudah kita kerahkan, mulai dari perahu karet, pompa penyedotan, dan posko dapur umum bekerja sama dengan OPD terkait,” ujar Deni.

Upaya penanggulangan juga terus dilakukan oleh berbagai pihak, di antaranya mendirikan posko bantuan, posko kesehatan, penambahan kisdam serta dapur umum untuk didistribusikan kepada warga terdampak.

Masyarakat bisa menghubungi layanan Tangerang Siaga 112 jika mengalami keadaan darurat, salah satunya kondisi banjir.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2159 seconds (10.55#12.26)