DKI Perpanjang Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Sepekan

Senin, 11 Juli 2022 - 18:06 WIB
loading...
DKI Perpanjang Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Sepekan
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat diperpanjang selama sepekan kedepan. Rekayasa ini sebagai upaya memperlancar arus di Jalan MH Thamrin-Sudirman.

”Uji coba kedua dilaksanakan hari ini selama 1 minggu ke depan dan terus dilakukan evaluasi,” kata Syafrin, Senin (11/7/2022).

Syafrin mengklaim uji coba rekayasa lalu lintas sepekan sebelumnya berdasarkan hasil evaluasi sementara dinilai efektif. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan kecepatan rata-rata kendaraan.

”Untuk rekayasa dan manjemen lalu lintas di Bundaran HI hasil evaluasi kami selama satu minggu kemarin pelaksanaannya cukup efektif dimana terjadi peningkatan kecepatan rata rata kendaraan dari utara ke selatan,” ucapnya.

Menurut dia, terjadi peningkatan kecepatan kendaraan sekitar 6 persen dari 29 kilometer jadi 30 kilometer sekian untuk kecepatan di sore hari, bahkan dengan proporsi ini kecepatannya itu merata, sejak pukul 16.00 sampai 21.00 WIB.

”Itu konstan pergerakannya membelok tadi yang mempengaruhi kecepatan arus ke arah MH Thamrin masuk ke arah Jenderal Sudirman itu terminimalisir,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebagai upaya mengurangi kepadatan lalu lintas saat jam pulang kerja.

”Dalam rangka mengurangi kepadatan dan konflik lalu lintas di Bundaran HI, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia," tulis laman Instagram @dishubdkijakarta dikutip, Minggu (3/7).

Berikut uji coba rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan;

1. Pengalihan lalu lintas dari arah Selatan ke Timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk bus Transjakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah Timur ke Utara.

3. Lalu lintas dari Selatan yang akan menuju ke Timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin - putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

4. Lalu lintas dari Timur yang akan menuju Darat/Utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di landmark kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)