Kapal Ikan di Pelabuhan Muara Baru Terbakar Akibat Percikan Las

Jum'at, 17 Juni 2022 - 17:57 WIB
loading...
Kapal Ikan di Pelabuhan Muara Baru Terbakar Akibat Percikan Las
Kebakaran terjadi di sebuah Kapal Ikan dengan registrasi KM Jawara Samudera yang sedang berlabuh di Dermaga Barat, Pelabuhan Muara Baru, Wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (17/6/2022). Foto: MNC Portal/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Kebakaran terjadi di sebuah Kapal Ikan dengan registrasi KM Jawara Samudera yang sedang berlabuh di Dermaga Barat, Pelabuhan Muara Baru, Wilayah Penjaringan, Jakarta Utara , Jumat (17/6/2022) siang. Hal demikian dibenarkan oleh Kepala Regu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Tri Maryono.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat laporan ada asap dan api yang keluar dari tempat mesin kapal ikan tersebut sekitar 14.30 WIB. Baca juga: Korsleting Listrik, Satu Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru

"Kita dapat info dari ABK-nya bahwa sedang ada pengelasan, terus menyambar ke tempat bahan bakar. Api berasal dari pengelasan nyambar ke bahan bakar," kata Tri saat ditemui di lokasi.

Mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung terjun ke lokasi dengan satu unit mobil pemadam dan lima personil. Beruntung saat tiba di pihaknya dibantu puluhan anak buah kapal (ABK) dalam memadamkan api.



"Sambil dibantu ABK kapal, kita mengangkut bahan bakar kapal yang belum terbakar. Ini kapal ikan. Apipun dengan cepat padam pada pukul 15.00 WIB," tuturnya.

Adapun kronologi dari kebakaran ini, menurut Tri diduga dari adanya percikan api yang merambat ke tangki solar. Hingga dari percikan las tersebut menyambar dan membakar salah satu tangki. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

"Kita dapat info dari ABK-nya bahwa sedang ada pengelasan, terus menyambar ke tempat bahan bakar. Api berasal dari pengelasan nyambar ke bahan bakar," pungkasnya. Baca juga: Kapal Terbakar di Muara Baru, 6 Mobil Damkar Dikerahkan
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1504 seconds (11.97#12.26)