4 Kali Terbakar, Begini Kronologi Kebakaran Pabrik Tiner di Tangerang

Kamis, 09 Juni 2022 - 20:09 WIB
loading...
4 Kali Terbakar, Begini Kronologi Kebakaran Pabrik Tiner di Tangerang
Kebakaran pabrik tiner milik PT Warna Prima Kimiatama di Jalan Raya Cukang Galih, Kampung Ranca Buntu No 7, Curug Kulon, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, sulit dipadamkan. Foto: MNC Portal/Nandha Aprilianti
A A A
TANGERANG - Kebakaran pabrik tiner milik PT Warna Prima Kimiatama di Jalan Raya Cukang Galih, Kampung Ranca Buntu No 7, Curug Kulon, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang , sulit dipadamkan.Kesulitan itu karena ketinggian api mencapai 20 meter.

“Kami dapat informasi tadi siang jam 11.30 ada kebakaran laporan dari perusahaan. Langsung kita meluncur. Satu unit dulu pas di jalan melihat besarnya api langsung saya kerahkan 4 unit damkar,” ujar Danton Pos Damkar Curug Bob Sulaeman saat ditemui di lokasi, Kamis (9/6/2022).

Terkait kronologi, Bob menuturkan, kebakaran melanda dua gedung dalam satu kawasan. Dua gedung tersebut yakni bagian produksi dan bahan baku penyimpanan bahan kimia.

“Dilihat dari pegelaran hydrant dan karyawan sempat melakukan pemadaman tapi gagal besarnya api durasinya terlalu lama kapasitas api terlalu kuat akhirnya pada mundur karyawan,” ungkapnya.

Selain itu, bahan kimia yang begitu banyak membuat ledakan pada drum tempat penampungan bahan kimia di pabrik tersebut.



“Saking kuatnya (api) drumnya sampai pada terbang ke atas. Jadi itu ada sisi bahayanya juga ini,” paparnya.

Di sisi lain, Bob menjelaskan, kebakaran sudah kerap kali terjadi di mana ini merupakan kali ke empat.

Diketahui kebakaran pernah terjadi di tahun 2004 kemudian terjadi lagi di tahun 2013. Setelah 8 tahun kemudian, terjadi lagi pada tahun 2021 dan 2022.

“Sudah sering ini. Sering saya lakukan evaluasi fire safety di sini kendalanya ya tinernya itu,” paparnya.

Kendati demikian, Bob menjelaskan tidak adanya korban dari kejadian ini. “Enggak ada korban jiwa, karena sudah sempat pada mengamankan diri,” tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)