Inovasi Sistem Pengendalian Banjir Antarkan Jakarta Juara The 2022 WSIS Prizes

Rabu, 01 Juni 2022 - 22:45 WIB
loading...
Inovasi Sistem Pengendalian Banjir Antarkan Jakarta Juara The 2022 WSIS Prizes
Pemprov DKI Jakarta meraih juara dalam ajang penghargaan bergengsi tingkat dunia, The 2022 WSIS Prizes, pada kategori ICT Applications: e-Science.Foto/Tangkapan Layar/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meraih juara dalam ajang penghargaan bergengsi tingkat dunia, The 2022 WSIS Prizes, pada kategori ICT Applications: e-Science. Inovasi sistem pengendalian banjir membuat Jakarta meraih juara ajang internasional tersebut.

Prestasi Jakarta meraih juara WSIS, atau World Summit on the Information Society ini diunggah akun Instagram Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan." Kemarin Jakarta meraih 5x WTP berturut-turut, pada saat yang bersamaan Jakarta juga menjadi juara dalam ajang penghargaan bergengsi tingkat dunia, The 2022 WSIS Prizes, pada kategori ICT Applications: e-Science," tulis Anies melalui akun Instagram miliknya @aniesbaswedan dikutip SINDOnews pada Rabu (1/6/2022).

Anies mengatakan, WSIS, atau World Summit on the Information Society, adalah konferensi tingkat dunia tentang masyarakat informasi yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU), badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi komunikasi dan informasi.

"Jakarta menjadi juara karena membawa inovasi sistem pengendalian banjir yang membantu prediksi potensi bencana sebelum terjadi, dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi bencana banjir," ujarnya.

Menurut dia, pengetahuan dan pengalaman para petugas dikumpulkan ke dalam sistem informasi ini sehingga mempermudah dan mempercepat pengambilan keputusan dalam pengendalian banjir ke depan. Baca: Diselesaikan secara Singkat, Chief Formula E Kagumi Sirkuit Ancol

Anies mengungkapkan, Jakarta menjadi juara setelah mengungguli empat finalis lain yaitu ZTE Corporation dari Tiongkok, Biomedical Neuroscience Insititut dari Universitas Chili, Artificial Intelligence Laboratory dari Universitas Udinese di Italia, dan Universitas Putri Nora binti Abdul Rahman dari Arab Saudi.

Pemberian penghargaan dilakukan di Jenewa, dan diwakili oleh Dinas Kominfotik dan Jakarta Smart City. Sistem ini adalah kerja berbagai pihak, di antaranya Dinas Sumber Daya Air, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Jakarta Smart City, dan juga kolaborasi dengan PT. XL Axiata dan SAS Institute.

Penghargaan ini juga mengikuti penghargaan sebelumnya yang diraih saat Jakarta mewakili Indonesia menjadi juara pertama pada ajang ASEAN ICT Awards 2021 untuk kategori Public Sector. Turut membawa nama Indonesia dalam penghargaan global adalah kebanggaan bagi kita.

"Terima kasih kepada semua yang telah bekerja dan berkolaborasi membangun sistem ini. Penghargaan yang diraih adalah bentuk pengakuan global terhadap inovasi, komitmen dan persistensi kita. Namun sebenarnya penghargaan tertinggi bagi Pemprov DKI Jakarta adalah kemajuan kota dan kebahagiaan warga Jakarta, dan kita tidak akan berhenti untuk selalu mengejarnya," ucapnya.

(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (11.210#12.26)