Mulai Besok Rute KRL Bekasi Tidak Ada yang ke Jakarta Kota

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:00 WIB
loading...
Mulai Besok Rute KRL Bekasi Tidak Ada yang ke Jakarta Kota
Adanya switch over kelima (SO-5) di Stasiun Manggarai menyebabkan rute perjalanan KRL Jabodetabek berubah. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Adanya switch over kelima (SO-5) di Stasiun Manggarai menyebabkan rute perjalanan KRL Jabodetabek berubah. Terutama jalur perjalanan KRL Bekasi atau Cikarang yang biasanya menuju Stasiun Jakarta Kota mulai Sabtu 28 Mei 2022 sudah dihapus.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, rute KRL Bekasi atau Cikarang mengalami perubahan menjadi dua pola jalur perjalanan. KRL Bekasi kini, lanjut Anne, hanya menuju Manggarai - Tanah Abang - Kampung Bandan atau Bekasi menuju Pasar Senen – Kampung Bandan - Tanah Abang. Baca juga: Ingat! Rute KRL Bekasi-Cikarang Berubah Mulai 28 Mei, Begini Jadinya

"Perjalanan KRL Bekasi yang dahulu menuju Jakarta Kota, kini berubah menjadi dua pola yaitu secara full racket (looping) dan half racket," terang Anne dalam rilis resminya, Jumat (27/5/2022).

Berikut rincian kedua polanya tersebut:

1. Full Racket (Looping)

a) KRL berangkat dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – hingga kembali lagi ke Bekasi/Cikarang.

b) Kemudian KRL dari Cikarang/Bekasi bisa juga menuju ke Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – dan kembali lagi ke Bekasi/Cikarang.



2. Half Racket

a) KRL mulai berangkat dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (pulang dan pergi).

b) KRL dari Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (pulang dan pergi).

Selain itu, Anne juga mengungkapkan, adanya perubahan kecepatan KRL setelah SO-5 ini untuk jalur keberangkatan dari Bekasi atau Cikarang yang dahulu memiliki kecepatan 70 km/jam. Akan tetapi kecepatan maksimal pada perjalanan lintas Jatinegara – Kampung Bandan via Pasar Senen maupun via Manggarai tidak mengalami perubahan.

"Kecepatan pada Lintas Cikarang mengalami peningkatan menjadi 95 Km/Jam dengan headway perjalanan KRL satu menit sampai dengan tujuh menit," kata Anne. Baca juga: Manggarai Jadi Stasiun Sentral, Penumpang KRL Bekasi-Kota dan Bogor-Tanah Abang/Angke Harus Transit

Sebelumnya, Ditjen Perkeretaapian (DJKA) bakal melanjutkan pembangunan Stasiun Manggarai. Hal ini menyebabkan ruteKRLkembali berubah. Proses perubahan rute (Swith Over) dimulai pada 27 Mei hingga 28 Mei. Oleh karena itu, mulai 28 Mei, rute KRL akan berubah sementara.

"Pola operasi KRL Commuter Line akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi atau Cikarang Line," kata Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 21 Mei 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1790 seconds (11.210#12.26)