Ini 3 Kota Dunia Sister City dengan Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 - 17:22 WIB
loading...
Ini 3 Kota Dunia Sister City dengan Jakarta
Sedikitnya 3 kota dunia menjalin kerja sama sister city dengan DKI Jakarta. Foto Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya 3 kota dunia menjalin kerja sama sister city dengan DKI Jakarta . Tiga kota dunia tersebut di antaranya Berlin, Jerman; Bangkok, Thailand; dan Kairo, Mesir.

Selain 3 kota dunia tersebut, Jakarta telah menjalin kerja sama sister city dengan 18 kota lainnya di dunia sejak 1979. Kerja sama sister city merupakan salah satu bentuk pergaulan internasional yang memiliki banyak manfaat bagi ibu kota.
Baca juga : Kunjungi Mural Sister City Jakarta-Berlin, Anies: Persahabatan Bukan Seremonial

Bentuk kerjasamanya meliputi manajemen penataan perkotaaan, pertukaran kebudayaan, hingga pengelolaan limbah. Berikut 3 kota dunia sister city dengan Jakarta yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).

1. Berlin
Ini 3 Kota Dunia Sister City dengan Jakarta

Jakarta dan Berlin adalah kota kembar selama lebih dari 25 tahun. Sejak awal kemitraan pada 1994, Jakarta dan Berlin berfokus pada kebudayaan dan olahraga. Pada 2016, fokus bergeser untuk menghubungkan ekosistem Start-up mereka dengan platform kolektif “AsiaBerlin”.

2. Bangkok
Ini 3 Kota Dunia Sister City dengan Jakarta

Kerja sama sister city antara Jakarta dan Bangkok ditandatangani sejak 2001. Salah satunya pertukaran pelajar Bangkok-Jakarta. Namun program tersebut tertunda karena pandemi Covid-19. Diharapkan pada 2022, Bangkok-Jakarta akan segera saling mengirimkan pelajar masing-masing untuk berinteraksi dan belajar di sekolah dan komunitas yang ditentukan.
Baca juga :Pemerintah Provinsi Bangkok Lanjutkan Penerapan MOU Sister City Bangkok-Jakarta

3. Kairo, Mesir
Ini 3 Kota Dunia Sister City dengan Jakarta

Kerjasama sister city antara Kairo dan Jakarta terjalin sejak 2016. Kerjasama ini akan mengembangkan berbagai bidang. Seperti perdagangan dan investasi, perencanaan dan pengembangan kota, pariwisata dan budaya, pendidikan, kesehatan dan obat-obatan, olahraga dan pemuda, serta lingkungan pelestarian.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)