Pasca Arus Mudik, Epidemiologi UI Sebut PPKM Sudah Tak Relevan

Senin, 16 Mei 2022 - 09:39 WIB
loading...
Pasca Arus Mudik, Epidemiologi UI Sebut PPKM Sudah Tak Relevan
Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan penanganan pandemi berupa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam penanganan pandemi Covid-19 sudah tidak relevan lagi.

Hal itu berdasarkan setelah arus mudik lebaran 2022 dimana terjadi peningkatan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi namun tak terdapat peningkatan penularan yang berarti seperti yang ditakutkan sebelumnya. Baca juga: Menkes Ungkap Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Lebaran

”PPKM sudah tidak relevan lagi dengan kondisi yang seperti sekarang,” kata Pandu dalam Rilis Survei Nasional Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik Terhadap Presiden secara virtual, Minggu (15/5/2022).



Pandu menjelaskan, ia bersama rekan-rekannya di FKM UI sudah memprediksi perihal tidak bakal terjadi pelonjakan penularan Covid-19 pasca mudik lebaran.Pemerintah dianggap sukses dalam menjalankan vaksinasi yang membuat masyarakat mempunyai imunitas yang kuat untuk menghadapi Covid-19.

Ia melanjutkan, pola yang diterapkan pemerintah dalam pemberian vaksinasi berupa dari wilayah aglomerasi, kemudian kelompok masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi yang diprioritaskan dianggap ampuh untuk melawan pandemi. Baca juga: Wagub DKI: Peningkatan Kasus Covid-19 Usai Lebaran Masih Batas Wajar



”Omicron dulu diramalkan tidak akan setinggi delta di tahun lalu, dan ternyata tidak setinggi delta, kenapa? karena kita sudah berhasil mendorong pemerintah untuk fokus imunitas penduduk,” ujar Pandu.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1319 seconds (10.55#12.26)