Puncak Arus Balik, Kondisi Luar Pelabuhan Merak Padat Merayap

Sabtu, 07 Mei 2022 - 21:06 WIB
loading...
Puncak Arus Balik, Kondisi Luar Pelabuhan Merak Padat Merayap
Kondisi luar Pelabuhan Merak padat merayap di arus balik mudik 2022, pada Sabu (7/5/2022), malam. Situasi ini bertahan sejak sore menjelang malam. Foto/Tino Satrio/MPI
A A A
CILEGON - Kondisi luar Pelabuhan Merak padat merayap di arus balik mudik 2022, pada Sabu (7/5/2022), malam. Situasi ini bertahan sejak sore menjelang malam.

Hal tersebut dikarenakan pemudik yang kembali pulang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak mengalami kelonjakan. Kondisi ini sudah terjadi sejak 5 Mei kemarin.



Namun kepadatan pada malam hari ini lebih mengular ketimbang hari-hari kemarin. Sudah ada dua dermaga tambahan, namun belum cukup mematahkan kemeriahan pemudik yang datang.

Kemacetan ini hanya terjadi hingga fly over arah Tol Merak-Jakarta. Setelah memasuki Jalan Cikuasa Atas, kepadatan dan kemacetan langsung terurai.

Sebelumnya pihak Kepolisian juga sudah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi hal seperti ini. Rekayasa yang dilakukan itu jika terjadi kepadatan yang membuat kendaraan roda empat terular di GT Merak-Jakarta.

Empat gerbang masuk tol akan dibuka, dan dua gate keluar akan ditutup. Kemudian seluruh kendaraan roda empat akan dialihkan ke arah Jalan Cikuasa Atas. Rute ini disebut mampu menampung lebih banyak kendaraan pribadi para pemudik.

Jika rekayasa ini gagal, adapun antisipasi lainnya. Para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan di arahkan melalui Jalan Cikuasa Bawah untuk masuk ke GT Cilegon Barat maupun Timur.

Polisi juga akan melakukan penutupan sejumlah persimpangan penyebab kemacetan mulai dari depan Pelabuhan Merak hingga ke arah GT, agar tidak ada hambatan dari lalu lalang kendaraan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)