Tebet Eco Park Berfungsi sebagai Taman Hijau dan Kolam Retensi

Sabtu, 23 April 2022 - 22:11 WIB
loading...
Tebet Eco Park Berfungsi sebagai Taman Hijau dan Kolam Retensi
Selain berfungsi sebagai taman hijau, kehadiran Tebet Eco Park juga sekaligus sebagai penampungan air di kala musim hujan. Foto: IG@AniesBaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan Tebet Eco Park, Sabtu (23/4/2022). Beragam fasilitas dan taman berkonsep Eco Park akan memanjakan warga dan juga mahkluk hidup lainnya.

Menurut Anies, selain berfungsi sebagai taman hijau, kehadiran Tebet Eco Park juga sekaligus sebagai penampungan air di kala musim hujan. Hal ini mengingat kelengkapan pepohonan dan sungai yang berada di sekitar Tebet Eco Park.



"Sungai ini nanti ketika air naik maka air ditampung di kanan kirinya. Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan dan konsepnya natural. Ketika musim kering akan surut airnya," tutur Anies.

Anies menegaskan fungsi retensi yakni sebagai penahan luapan air ketika banjir di wilayah sekitar Tebet. Terlebih fungsi natural penampungan air tersebut dapat surut secara alamiah.

"Jadi taman ini berfungsi sebagai penampungan air ketika volume air meningkat di musim hujan, ketika air surut maka bisa digunakan lagi," kata Anies.

Anies berharap kesuksesan revitalisasi Taman Tebet menjadi Tebet Eco Park menjadi percontohan revitalisasi taman lain di Ibu Kota. Konsep Tebet Eco Park, bagi Anies, adalah sebagai Park bukan Garden karena dapat diakses oleh siapa saja serta difungsikan sebagai tempat bermain.

Baca juga: Yuk! Intip Berbagai Fasilitas Keren Tebet Eco Park

"Dalam bahasa Inggris taman itu ada dua, Garden itu untuk dinikmati sebagai pemandangan, kalau Park untuk bermain. Nah ini tempat untuk bermain," ujarnya.

Tebet Eco Park dibagi menjadi dua bagian dalam denahnya. Di sisi Utara terdapat sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat, di antaranya Community Lawn, Thematic Garden, dan sentra UMKM.

Sementara di sisi Selatan, terdapat fasilitas seperti Wetland Boardwalk, Community Garden, Children Playground, dan Forest Buffer.

Untuk memudahkan akses masyarakat menuju dua sisi taman, terdapat sebuah jembatan yang menjadi ikon Tebet Eco Park yang dinamai Infinity Link Bridge. Jembatan ini berada di ketinggian enam meter dengan warna oranye menyala terutama saat malam hari.

Kemudian terdapat Jogging Track, dengan panjang lintasan 1.734 meter. Jalur ini dilengkapi dengan kamera CCTV, lampu penerangan untuk memberikan keamanan bagi warga ibu kota yang hendak bercengkrama dengan alam di sana.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)