Bekasi Stop Vaksinasi Booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Ada Apa?

Senin, 28 Maret 2022 - 13:15 WIB
loading...
Bekasi Stop Vaksinasi Booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Ada Apa?
Bekasi stop vaksinasi booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Dinas Kesehatan Kota Bekasi melalui akun Instagram resminya @dinkeskotabekasi mengumumkan penutupan sementara layanan vaksinasi booster di sentra vaksinasi Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Penghentian sementara dilakukan lantaran stok vaksin Covid-19 untuk booster habis.

”Memang agak tidak biasa ya, biasanya kita buka setiap hari, minggu lalu kita masih buka. Tapi, kemarin sore itu kita sudah abis vaksin boosternya,” kata Staf Khusus Kesehatan Dinkes Kota Bekasi, dr. Sudirman, Senin (28/3/2022). Baca juga: Kemenkes Pastikan Jumlah Stok Vaksin Booster Aman

Sudirman menambahkan habisnya dosis untuk vaksin booster Covid-19 dilatarbelakangi oleh meningkatnya animo masyarakat yang ingin menerima dosis booster. Apalagi, tambah dia, ada sinyal diperbolehkan mudik juga dengan syarat memenuhi dosis booster.

”Saya pikir begitu (tinggi animo masyarakat). Membeludak karena euforia untuk mudik, ini sudah dua tahun kan tidak mudik, kemudian ada dipersyaratkan, meski belum tahu secara resmi,” tuturnya. Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 di Bekasi Hampir Kadaluarsa



dia pun menjelaskan bahwa pihak Dinkes tidak bisa memilih untuk langsung melakukan penyetokan yang banyak lantaran ada masa expired vaksinasi. Strategi yang digunakan, tambah dia, yakni dengan melihat seberapa tinggi animo masyarakat.

”Jadi kita harus betul-betul memperhitungkan animo, kebutuhan dengan berapa jumlah yang harus kita stok (vaksin). Mesti tepat perhitungannya, kebanyakan terus expired kita salah, kalau pas kekurangan ternyata animonya tinggi juga salah,” sambungnya.

Meski begitu, Sudirman memastikan pelayanan vaksinasi booster hanya disetop untuk di Stadion Patriot Candrabhaga. Sementara layanan vaksinasi booster masih bisa diterima di sejumlah puskesmas yang ada di Kota Bekasi. Baca juga: Kemenkes Klaim Stok Vaksin Booster Memadai, Ini Kombinasinya

“Perlu diketahui bahwa pelayanan vaksinasi ini tidak hanya di satu tempat, kita punya 48 puskesmas yang melayani vaksinasi, Di tempat lain (puskesmas), masih banyak yang buka, dominan masih buka dan melayani booster lebih terbatas,” ungkapnya.

Stadion Patriot Candrabhaga sendiri dipastikannya masih menerima layanan untuk vaksinasi dosis satu maupun dua. Hal ini lantaran, dosis vaksinasi utama masih tersedia. ”Untuk dosis satu dan dua masih kita layani. Kita masih punya stok vaksin sinovac dan covovax.” tutupnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1935 seconds (11.252#12.26)