JIS Rampung, Anies: Kota Global Wajib Miliki Stadion Bertaraf Internasional

Senin, 28 Maret 2022 - 06:25 WIB
loading...
JIS Rampung, Anies: Kota Global Wajib Miliki Stadion Bertaraf Internasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, segera diresmikan. Foto: YouTube/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, segera diresmikan. Keberadaan Stadion JIS akan mendukung Jakarta sebagai kota global.

"Kota ini (Jakarta) adalah kota global dan kita ingin agar fasilitas olahraga, khususnya sepak bola yang ada di Jakarta, adalah fasilitas olahraga bertaraf internasional," kata Anies dalam laman YouTube pribadinya dikutip, Senin (28/3/2022).



JIS digadang-gadang menjadi pengganti sepadan Stadion Lebak Bulus di Jakarta Selatan. Diketahui sejak Stadion Lebak Bulus beralih fungsi menjadi depo MRT.

"Secara kebetulan sejak 2009 waktu itu ada Stadion Lebak Bulus kawasannya digunakan untuk menjadi depo MRT. Karena jadi depo MRT maka tidak bisa digunakan untuk stadion. Stadionnya dibongkar dan sejak itu kita di Jakarta belum memiliki stadion yang representatif," tambahnya.



Anies mengatakan penantian panjang ini akhrnya menemukan ujungnya di bulan September 2019, dimana dimulai groundbreaking pembangunan JIS. Waktu itu direncanakan selesai pada Desember 2021. Namun lantaran pandemi Covid-19, sempat membuat pembangunan JIS terhambat.



"Jadi sebagai proses pembangunan itu relatif cepat 2 tahun 4 bulan. Kemudian kita tahu baru jalan 6 bulan sejak September 2019, Maret 2020 pandemi terjadi dan itu berdampak bagi proses pembangunan, karena sebagian dari logistik-logistik yang harus dikirimkan tidak bisa dikirimkan karena terhambat akibat mobilitas yang terganggu," tandasnya.

Anies menyebut JIS akan segera rampung bulan ini dimana ditargetkan progres pembangunan mencapai 100 persen. "Garis kebijakan yang kita ambil adalah tuntaskan ini dan Insyaallah di Maret 2022 stadion ini akan tuntas 100 persen. Akhirnya 13 tahun penantian menemui ujungnya dan JIS siap untuk menampung warga Jakarta, warga Indonesia, dan warga dunia untuk hadir di tempat ini," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)