Didukung Universitas Budi Luhur, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Festival Pantun Betawi

Kamis, 10 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
Didukung Universitas Budi Luhur, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Festival Pantun Betawi
Pemkot Jakarta Selatan menggelar Festival Lomba Pantun di Gedung Grha Mahardika Bujana pada Kamis (10/3/2022).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Selatan menggelar Festival Lomba Pantun di Gedung Grha Mahardika Bujana pada Kamis (10/3/2022). Lomba pantun ini digelar sebagai bentuk pelestarian budaya Betawi.

Lomba pantun yang dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Selatan dan UMKM Gue Girang menggandeng Universitas Budi Luhur. Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan, lomba pantun ini sangat bermakna dan menjadi agenda tradisi yang akan diadakan pada setiap tahunnya.

Pantun, kata dia, merupakan budaya Betawi yang harus dilestarikan dan dijaga.“Tentunya kita harapkan, dengan lomba pantun ini akan menjadi tradisi yang akan kita teruskan dari tahun ke tahun sebagai bentuk pelestarian budaya kita, agar budaya pantun khususnya budaya pantun Betawi tetap harus kita kembangkan di Jakarta Selatan ini," kata Munjirin pada Kamis (10/3/2022).

Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino menuturkan, pantun Betawi adalah bagian dari warisan budaya yang terdapat di Indonesia. Oleh karena itu, kewajiban semua pihak untuk melestarikan budaya pantun Betawi.

"Kita ingin mengajak mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang umumnya untuk mulai bertutur kata untuk menggunakan pantun supaya penyampaianya lebih menarik dan ada seninya karena kita juga ingin melestarikan budaya luhur nusantara," jelasnya.

Peserta festival pantun ini diikuti TP PKK se-Jakarta Selatan dengan mengunggah video di sosial media. Pantun yang diunggah merupakan karya original dan bukan plagiat.

Universitas Budi Luhur, lanjut dia, mendukung pelastarian dan menjaga serta melestarikan budaya asli Indonesia ke penerus generasi bangsa. Universitas Budi Luhur bertekad menyebarkan nilai-nilai kebudiluhuran yang merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki Indonesia.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)