Anies: JPO Kapal Pinisi Karet Daya Tarik Ruang Ketiga untuk Warga Jakarta

Kamis, 10 Maret 2022 - 21:28 WIB
loading...
Anies: JPO Kapal Pinisi Karet Daya Tarik Ruang Ketiga untuk Warga Jakarta
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan JPO dan JPS Tematik Kapal Pinisi di Karet, Jalan Jenderal Sudirman, untuk menghadirkan rasa kesetaraan bagi warga Jakarta. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPS) Tematik Kapal Pinisi untuk menghadirkan rasa kesetaraan bagi masyarakat Jakarta. Anies ingin JPO dan JPS Pinisi dapat menjadi daya tarik Jakarta guna dinikmati warganya.

"JPO dan JPS ini adalah ruang ketiga yang dibangun untuk memberikan perasaan kesetaraan. Ruang pertama itu di rumah, ruang kedua di tempat kerja atau di tempat belajar, dan ruang ketiga adalah ruang bersama bagi masyarakat," ujar Anies saat meresmikan JPO Kapal Pinisi, Kamis (10/3/2022).



JPO yang menyerupai Kapal Pinisi ini merupakan hasil kolaborasi yang dimotori Anies, sehingga menjadi JPO yang ikonik, sekaligus menunjukkan keberpihakan Pemprov DKI Jakarta kepada pejalan kaki. Anies berharap hadirnya JPO atau JPS Pinisi dapat mencerminkan Jakarta kota yang tangguh, ulet, dan budaya yang dapat diperhitungkan pada kancah internasional.

"Ini adalah ruas jalan yang harus memberikan pengalaman tentang ruang atas. Selama ini jalanan ini (Jalan Jenderal Sudirman) yang penuh dengan gedung pencakar langit, orientasinya bawah. Kita mengajak kepada masyarakat untuk merasakan Jakarta sebagai sebuah landscape yang bisa dinikmati dari arah atas," ucapnya.



JPO ini berdesain unik karena ada dua jembatan lurus dan melengkung yang menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman arah Blok M dan Monas. Selain itu, JPO sudah terintegrasi dengan halte TransJakarta Karet.

Terdapat fasilitas lift pada JPO yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat disabilitas, lansia, ibu hamil dan sepeda. Fasilitas lainnya adalah sensor beban, CCTV, Anjungan Pandang, serta Lampu Dekoratif dan Artistik (RGB Futuristik).

Saat peresmian Anies didampingi oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris, Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho, dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)