Satgas TNI AL Evakuasi 326 ABK WNI MV Costa Mediterania

Senin, 15 Juni 2020 - 12:36 WIB
loading...
Satgas TNI AL Evakuasi 326 ABK WNI MV Costa Mediterania
Satgas TNI AL mengevakuasi sebanyak 326 Anak Buah Kapal (ABK) WNI Kapal MV Cos di dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin (15/6/2020).Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) TNI AL mengevakuasi sebanyak 326 Anak Buah Kapal (ABK) WNI Kapal MV Cos di dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin (15/6/2020). Evakuasi WNI asal Singapura tersebut dilakukan dengan protokol Covid-19 .

"Ada sebanyak 326 ABK melalui Kapal Kota Mediterania yang sudah diambil oleh Satgas kita yang dibawa secara bergantian untuk turun ke dermaga. Selanjutnya akan dibawa ke Hotel Mercure Batavia," kata Pangkogabwilhan-I sekaligus Komandan Evakuasi WNI, Laksda TNI I Nyoman Ariawan Kepada SINDONews di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Senin (15/6/2020).

Menurut Ariawan, dari sejumlah ABK yang di evakuasi kali ini terdiri dari 294 pria dan 32 wanita. Dan sebelum dievakuasi, Ariawan menjelaskan bahwa seluruh WNI telah menjalani pemeriksaan kesehatan dengan protokol Covid-19.

"Hasilnya keluar baru tindak lanjutnya dari hotel. Kalau negatif selesai (langsung dipulangkan) tapi kalau yang positif segera ditangani di Wisma Atlet," ujarnya. (Baca: DKI Pastikan Pasar Siap Jalani Protokol Kesehatan)

Dalam kesempatan tersebut, Ariawan menegaskan, dalam situasi PSBB fase pertama ini setiap elemen masyarakat baik ABK maupun petugas medis harus melaksanakan pengamanan pribadi untuk menjauhi diri dari bahayanya Covid-19. "Saya sedikit berpesan kepada kita semua kepada masyarakat juga kepada para ABK bahwa kita menghadapi sesuatu yang tidak kelihatan, tidak tahu. Terkait dengan protokol kesehatan Covid-19 diserahkan kepada diri pribadi kita. Laksanakan protokol kesehatan dengan disiplin," tegasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)