Profil AKBP Bismo Teguh Prakoso, Wakapolres Jakbar Lulusan Terbaik Akpol 2001 dan PTIK 2008

Senin, 21 Februari 2022 - 14:09 WIB
loading...
Profil AKBP Bismo Teguh Prakoso, Wakapolres Jakbar Lulusan Terbaik Akpol 2001 dan PTIK 2008
Wakapolres Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bismo Teguh Prakoso memiliki segudang prestasi. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil KepalaKepolisian Resor (Waka polres) Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bismo Teguh Prakoso memiliki segudang prestasi. Bismo merupakan lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian( Akpol ) 2021.

Selain itu, pria kelahiran 22 Februari 1980 ini juga merupakan lulusan terbaik Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 2008. Bismo juga berpengalaman dalam bidang reserse. Baca juga: Tinjau Gerai Vaksin di Mal, Wakapolres Jakbar: Sudah Sesuai Protokol Kesehatan

Berdasarkan rekam jejak yang berhasil dihimpun, AKBP Bismo pernah mengemban sejumlah jabatan penting di kepolisian. Meski demikian, Alumni SMA Taruna Nusantara 1998 ini pernah menjabat sebagai Pamapta A Polres Surabaya Selatan 2001.

Kemudian, Bismo yang juga pernah mengikuti pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) 2015. Seorang perwira menengahPolriyang sejak 21 Desember 2020 mengemban amanat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat ini juga sebelumnya merupakan Kapolres Majalengka 2020.

Berdasarkan dua surat telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat itu, mutasi dan promosi jabatan dilakukan pada 153 perwira, AKBP Bismo Teguh Prakoso yang sebelumnya Kapolres Majalengka Polda Jawa Barat menjadi Wakapolres Jakarta Barat Polda Metro Jaya.



Mutasi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3488/XII/KEP./2020 tertanggal 21 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan. Bismo menggantikan AKBP Rusdy Pramana Suryanagara.

Sebelum menjabat Kapolres Majalengka, Bismo juga pernah menduduki Kanit Res Intel Polsek Gayungan Polresta Surabaya Selatan (2002). Kemudian pada tahun 2003, Bismo menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Gayungan, Kanit Reskrim Polsek Sawahan 2004, Kanit Reskrim Polsek Wonokromo 2006, dan KBO Reskrim Polresta Surabaya Selatan (2006).

Nama Bismo kian melesat dan meningkat hingga menjadi Penyidik Muda Unit III Dit 4 Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri (2010), Kanit Lidik V Krimsus Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara (2011), dan Kanit II Subdit I/Indagdit Reskrimsus Polda Metro Jaya (2012). Baca juga: Tali Asih dari Polres Majalengka, Bismo: Jaga Silaturahmi

Pria kelahiran Kediri, Jawa Timur ini juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Metro Penjaringan (2016), Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan 2017. Kemudian menjadi Kapolres Ciamis 2018 hingga akhirnya menjabat sebagai Kapolres Majalengka 2020, dan kini menduduki posisi sebagai Wakapolres Jakarta Barat.

Di masa pandemi Covid-19, Wakapolres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bismo Teguh Prakoso juga kerap meninjau sejumlah gerai vaksin. Seperti yang dilakukan belum lama ini, dia meninjau gerai vaksin tahap tiga atau booster di Mall Slipi Jaya, Palmerah.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, gerai vaksin di mal itu sudah sesuai aturan protokol kesehatan (prokes). Bahkan, sejumlah lokasi gerai juga tak luput dari pantauannya.

“Sejauh ini sudah sesuai protokol kesehatan. Dari mulai antrean, mereka dipanggil sesuai nomor urut hingga tempat cuci tangan dan pengukuran suhu,” terangnya seperti dikutip dari humas.polri.go.id, Senin (21/2/2022).

Bismo mengatakan, pihak vaksinator memberlakukan kuota 100 orang per setiap jam. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di lokasi penyuntikan dan antrean. Upaya itu pun dinilai cukup efektif lantaran saat Bismo memantau lokasi, dia mengaku tidak melihat adanya kerumunan warga yang signifikan.“Jadi kalau sudah seratus dalam satu jam, peserta vaksin bisa datang ke jam berikutnya,” jelas Bismo.

Menurut Bismo, keberadaan gerai vaksin di mal cukup menyedot minat warga untuk melakukan vaksinasi. Pasalnya, lokasi gerai vaksin di dalam mall tergolong mudah dijangkau oleh warga sekitar.

Selain itu, bak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, warga yang berkunjung untuk berbelanja di mal juga bisa ikut vaksin massal di gerai vaksin Mall Slipi Jaya. Di gerai vaksinasi ini, lanjut Bismo, para tenaga kesehatan tidak hanya menyediakan vaksin untuk tahap tiga saja.

Warga yang belum menjalankan vaksin satu dan dua pun diterima dengan baik untuk divaksin di gerai ini.“Jadi vaksin tahap satu, dua bisa, vaksin booster juga bisa. Ini umum dewasa dan lansia karena ada jenis Moderna, Astrazeneca, Sinovac, dan Pfizer,” kata dia.

Dia memastikan gerain vaksin di mal terbesar akan terus beroperasi hingga seluruh warga Jakarta Barat menerima vaksin booster.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1795 seconds (10.55#12.26)