Istilah Khas dalam Angkot, Nomor 4 Paling Sering Disebut

Minggu, 13 Februari 2022 - 16:05 WIB
loading...
Istilah Khas dalam Angkot, Nomor 4 Paling Sering Disebut
Angkot merupakan salah satu angkutan umum yang paling sering ditemukan di kota-kota di Indonesia. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Angkot merupakan salah satu angkutan umum yang paling sering ditemukan di kota-kota di Indonesia. Angkutan umum yang satu ini memiliki banyak peminat karena sangat fleksibel dan ongkosnya yang terjangkau.

Dalam dunia per-angkot-an, dikenal beberapa istilah khas. Berikut beberapa istilah yang sering digunakan di angkot.

1. Ngetem

Istilah “ngetem” digunakan untuk menunjukkan kondisi angkot yang tidak bergerak atau tengah menunggu. Biasanya, angkot akan ngetem di tepi jalan untuk menunggu penumpang. Jika sudah dipenuhi penumpang, barulah sopir menjalankan angkotnya.

2. Carter

Istilah “carter” dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti memesan, menyewa sesuatu (mobil dan sebagainya) untuk dipergunakan secara pribadi dalam jangka waktu menurut kebutuhan.

Istilah Khas dalam Angkot, Nomor 4 Paling Sering Disebut


Carter pada dasarnya tidak berbeda dengan istilah rental. Namun, masyarakat cenderung menggunakan istilah rental saat menyewa mobil pribadi, sementara istilah carter dipakai untuk menyewa angkot.

3. Sewa

Kalangan sopir angkot memiliki istilah tersendiri dalam menyebut penumpang. Mereka umumnya menggunakan kata “sewa” untuk merujuk kepada orang yang menaiki angkot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)