Bupati Tangerang Perlihatkan Keberhasilan Pengelolaan Kawasan Pesisir

Jum'at, 21 Januari 2022 - 18:04 WIB
loading...
Bupati Tangerang Perlihatkan Keberhasilan Pengelolaan Kawasan Pesisir
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memperlihatkan keberhasilan penanganan kawasan pesisir.Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Ahmed Zaki Iskandar memperlihatkan keberhasilan penanganan kawasan pesisir di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang . Sebelumnya kawanan ini terkesan kumuh dan kini berubah total menjadi kawasan percontohan internasional.

Seperti diketahui, Tangerang menjadi lokasi acara internasional PEMSEA Meeting Summit 2022 yang bakal diikuti berbagai negara. Tangerang terpilih menjadi lokasi hajatan ini karena bukan hanya menjadi model pengembangan desa pesisir pantai di Kabupaten Tangerang tetapi juga percontohan di Indonesia.

Desa Ketapang bahkan menjadi ikon dunia internasional. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Tangerang mengelola kawasan pesisir pantai dengan mengembangkannya dari sisi ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan dan juga pemberdayaan masyarakatnya.

"Kami memiliki program Gerbang Mapan, dengan segala macam yang sudah kita lalui dan lakukan mungkin masih ada beberapa kekurangan tapi justru dengan banyak mengundang orang kita akan banyak mendapatkan masukan dan juga saran untuk pengembangan berikutnya," ungkap Zaki yang juga Bupati Tangerang, Jumat(21/1/2022).

Zaki menuturkan, dengan program Gerbang Mapan sejak tahun 2015, penataan kawasan pantai Kabupaten Tangerang yang panjangnya sekitar 51,2 km telah kelihatan hasilnya. Bahkan sudah banyak berbagai institusi, pemerintah daerah dan internasional mengadopsi program unggulan penataan kawasan pantai ini untuk diterapkan di wilayahnya masing.

"Sebelum acara di Oktober 2022 mendatang kita memastikan kesiapan semuanya. Aquaculture Ketapang akan menjadi tempat untuk PEMSEA Meeting Summit 2022," tuturnya.
Dia menjelaskan acara tersebut berangkat dari keberhasilan program Gerbang Mapan yang merupakan hasil kolaborasi atau kerja bersama berbagai pihak untuk merehabilitasi pesisir pantai. Menurutnya melalui program Gerbang Mapan kehidupan masyarakat pesisir menjadi jauh lebih baik.

Ada lima desa pesisir di lima Kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan program Gerbang Mapan. Desa-desa tersebut antara lain Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Desa Patra Manggala Kecamatan Kemiri, Desa Surya Bahari Kecamatan Sukadiri dan Desa Kronjo Kecamaatan Kronjo.

Target program Gerbang Mapan adalah menuju pesisir sejahtera hingga tahun 2023. Atas keberhasilan ini, Ahmed Zaki Iskandar dipercaya menjadi Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) akhir tahun lalu.

Zaki mohon doa dan dukungannya, agar pandemi terus menurun sehingga PAMSEA Meeting Summit di Oktober 2022. Acara tersebut merupakan agenda rutin asosiasi kota-kota pesisir pantai di Asia Timur dapat diselenggarakan.

"Nanti ada sekitar 12 negara mitra PAMSEA yang nantinya juga akan berkunjung ke Desa Ketapang," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)