Hadapi Banjir, Cipinang Melayu Siapkan Perahu Karet dan Dapur Umum

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:25 WIB
loading...
Hadapi Banjir, Cipinang Melayu Siapkan Perahu Karet dan Dapur Umum
Kelurahan Cipinang Melayu sudah siap siaga menghadapi ancaman banjir dengan mengerahkan perahu karet, rompi pelampung hingga dapur umum untuk keperluan pengungsi. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Kelurahan Cipinang Melayu , Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, sudah siap siaga menghadapi ancaman banjir . Kini telah siaga perahu karet, rompi pelampung hingga dapur umum untuk keperluan pengungsi ketika banjir menerjang.

Lurah Cipinang Melayu Arroyantoro mengatakan, semua peralatan untuk kesiapan dalam mengahadapi banjir ditempatkan di posko bencana yang berada di kantor kelurahan.



"Persiapan sudah sejak Desember untuk menghadapi musibah banjir, seperti sarana dan prasarana bagi para pengungsi," kata Arroyantoro saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (20/1/2022).

Untuk posko pengungsian dipusatkan di Universitas Borobudur yang berada dekat permukiman warga RW 04 serta memiliki daya tampung lebih luas.



"Tapi tidak menutup kemungkinan bila memang kondisi ini banyak genangan, ada beberapa spot (lokasi) yang direncanakan untuk dibuat posko juga, di RW 03 dan RW 10, mereka sudah siap," ujarnya.



Menurutnya, dari hasil catatan sementara terdapat tiga wilayah permukiman warga di Kelurahan Cipinang Melayu yang rawan banjir akibat luapan Kali Sunter, yakni RW 02, RW 03, dan RW 04.

Dalam penanganan banjir di permukiman warga, saat ini pihaknya tengah fokus membersihkan saluran agar air tidak tersumbat dan dapat mengalir dengan baik saat hujan tiba.

Sementara untuk normalisasi Kali Sunter yang sempat terhenti tahun 2014 masih dalam proses pembebasan bidang tanah warga oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Dalam normalisasi Kali Sunter ini Pemprov DKI Jakarta bertugas membebaskan lahan warga, sementara Kementerian PUPR melalui BBWSCC bertugas melakukan pengerjaan normalisasi.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2717 seconds (0.1#10.140)