Pemkot Jakut Imbau Warga Waspadai Banjir Rob di Pesisir Sepekan ke Depan

Selasa, 18 Januari 2022 - 19:06 WIB
loading...
Pemkot Jakut Imbau Warga Waspadai Banjir Rob di Pesisir Sepekan ke Depan
Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Utara mengeluarkan imbauan kepada warga pesisir untuk mewaspadai banjir rob sepekan ke depan. Banjir di pesisir Jakarta ini diprediksi akan terjadi akibat tingginya curah hujan disertai kenaikan muka air laut.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim meminta aparatur di Pemkot Jakarta Utara serta warga untuk mewaspadai banjir di wilayah pesisir sepekan ke depan. Ali mengaku sudah melakukan koordinasi dengan posko bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"BPBD DKI sudah memperkirakan adanya banjir rob khusunya di pesisir Jakarta Utara seperti di Penjaringan, Pademangan, dan Cilincing diperkirakan rob ini ditambah adanya curah hujan tinggi di lokal dan kiriman dari hulu ini yang perlu dikhawatirkan," kata Ali saat dikonfirmasi Selasa (18/1/2022).

Ali memastikan seluruh petugas terus bergerak sesuai tugas dan fungsi masing-masing untuk mengantisipasi dan menanggulangi jika terjadi bencana. Termasuk menyiapkan sejumlah titik evakuasi melalui kolaborasi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DKI Jakarta.

"Disarankan seluruh petugas mengecek sarana dan prasarana, seperti mesin pompa, pintu air, dan alat evakuasi lain. Kita juga sudah mendapat bantuan TRC BPBD untuk mitigasi bencana dan apabila terjadi bencana mereka membantu kita melaporkan ke BPBD DKI Jakarta memberikan bantuan yang diperlukan dalam penanggulangan bencana," jelasnya.

Ali meminta warga untuk turut menjaga sarana dan prasarana mitigasi bencana di Jakarta Utara. Dengan kondisi yang terawat maka sarana dan prasarana dapat berfungsi dengan baik saat turunnya hujan dan rob di pesisir Jakarta Utara."Kepada masyarakat rawat sarana dan prasarana yang sudah kita rawat selama ini, jangan dikotori, dan harus berfungsi dengan baik," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)